Mshop-leaderboard-mobile
Media

Alasan 10 Iklan Indonesia Ini Punya Viewers Tertinggi di YouTube

Alasan 10 Iklan Indonesia Ini Punya Viewers Tertinggi di YouTube youtube-laptop-ss-1920
photo credits: http://marketingland.com

Google merilis 10 peringkat iklan Indonesia yang paling banyak ditonton di YouTube pada paruh pertama 2017. Hasil penelitian Google memperlihatkan, 10 daftar iklan ini mampu menarik perhatian penonton Indonesia sejak Januari hingga Juni 2017. Brand apa saja yang masuk ke dalam peringkat 10 besar ini?

Peringkat pertama iklan yang paling banyak ditonton di YouTube diraih oleh Unilever. Video berjudul ‘1001 Inspirasi Ramadhan Ep 1’ dengan durasi kurang dari empat menit ini memiliki jumlah penonton mencapai 4.137.255.

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di Jakarta, Senin (24/07/2017) menjelaskan, Unilever dan sembilan video yang masuk ke dalam daftar ini menunjukkan tren tersendiri dalam iklan video online di Indonesia. Saat ini, tren iklan di Indonesia cenderung tampil secara berseri seperti yang dilakukan Unilever, Smartfren, dan Tropicana Slim. “Hal ini tentu sulit diwujudkan dalam bentuk offline,” tanggap Veronica.

Kisah yang ditampilkan dalam iklan seri Unilever menampilkan sosok Arief Muhammad sebagai YouTuber dengan alur cerita yang dekat dengan penonton. Menurut Veronica, konten ini menunjukkan adanya kesadaran Unilever akan kekuatan yang dimiliki YouTuber untuk menarik perhatian viewers. “Mindshare selaku agensi dari iklan ini pun terlihat menyadari kekuatan emosional mampu mengikat emosi penonton,” tambah Veronica.

Setelah Unilever, posisi kedua diraih iklan berdurasi 29 detik besutan agensi In-House untuk iklan Tokopedia. Iklan berjudul ‘Semua yang Kamu Butuhkan Dimulai dari Aplikasi Tokopedia!’ ini berhasil mencapai jumlah 1.741.494 viewers.

Jika dilihat, durasi masing-masing iklan dalam daftar ini cukup beragam. Ada iklan dengan durasi kurang dari 30 detik, namun ada pula yang melebihi empat menit. Tren ini menunjukkan, panjang atau pendek durasi iklan tidak menjadi masalah. Veronica menjelaskan, hal ini lantaran keunggulan video online terdapat pada sifatnya yang fleksibel.

Menyusul Tokopedia, Smartfren hadir di posisi ketiga dengan iklan berseri ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar – Ep 1′, posisi ke-empat diraih Samsung Indonesia dengan judul iklan ‘Samsung Galaxy A: #BornToExplore’, posisi ke-lima oleh myXL ‘Upgrade SIM Card XL 4G LTE Sendiri’ disusul JD.ID di posisi ke-enam dengan judul ‘JD.ID, Jadi Terbaik itu Pilihan Terbaik’. Menyusul posisi JD.ID, Tropicana Slim hadir di posisi ke-tujuh dengan judul webseries SORE’, Blibli.com di posisi ke-delapan dengan iklan ‘My Big Wish: Gratis Keliling Indonesia-Eksplor Pegunungan’.

Di posisi ke-sembilan ada Blue Band Indonesia dengan iklan ‘Resep No Oven-Kastengel’, dan posisi terakhir diraih Kitkat Indonesia dengan iklan berjudul ‘5 Pendekar Golok Emas jilid II: Pendekar Sesat’.

Selain tren webseries, cerita yang emosional, dan durasi yang fleksibel, tren berikutnya yang terlihat adalah konten yang edukatif. Iklan resep kastangel Blue Band dan video myXL menurut Veronica membuktikan bahwa tidak hanya iklan emosional yang memiliki popularitas tinggi, namun juga iklan informatif.

Bagaimana pendapat Anda?

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top