AMS 2018 Leaderboard
Career

12 Cara Atasi Gugup Saat Presentasi

Photo Credits: itd.com

Ketika diharuskan untuk melakukan presentasi, kita mungkin kerap merasa nervous dan membuat presentasi jadi kacau balau. Padahal, momen presentasi merupakan kesempatan bagi kita untuk menyampaikan ide-ide dan gagasan yang ingin disampaikan. Alih-alih membuat investor atau audiens percaya, kesalahan dalam presentasi justru dapat menurunkan kredibelitas si pembicara. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengikuti sejumlah cara di bawah ini!

Kuasai Materi

Hal terpenting dalam melakukan presentasi adalah menguasai materi. Kamu harus memahami apa yang akan kamu bicarakan. Pastikan bahwa tak ada satupun yang tidak kamu mengerti dari apa yang kamu sampaikan.

Antisipasi Pertanyaan

Berbagai pertanyaan dan respons yang tak terduga bisa muncul kapan pun. Untuk itu, kamu dapat mengantisipasi pertanyaan yang kira-kira akan muncul dari audiens. Kamu juga bisa memperbanyak riset melalui internet, jurnal, buku, ataupun berdiskusi dengan mereka yang memahami konteks yang akan kamu bicarakan. Semua ini dapat membantu kamu jika sewaktu-waktu kamu dihujani pertanyaan tak terduga.

Hindari Makanan Pedas

Tidak hanya konten materi presentasi yang harus diperhatikan, kamu pun harus berhati-hati dalam memilih makanan. Pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan pedas atau pun bergas, seperti kacang-kacangan dan sejenisnya sebelum kamu melakukan presentasi. Ketika kamu mengalami rasa panik, hal ini bagi sebagian orang akan lebih mudah berpengaruh pada kondisi lambung. Hindari jenis makanan ini sebelum presentasi jika kamu tak mau terganggu dengan rasa sakit perut.

Minum Air Mineral

Air mineral mampu menetralisir wilayah mulut, menyegarkan tenggorokanmu, dan membuatmu lebih tenang. Konsumsi air mineral sebelum presentasi, namun jangan berlebihan. Minumlah dengan perlahan, tak perlu terburu-buru.

Datang Awal

Cobalah untuk datang lebih awal dan pelajari setiap elemen yang ada di ruangan tersebut. Coba berdiri di lokasi yang akan kamu tempati untuk berpresentasi, dan amati sekitar. Cobalah untuk akrab (nyman) dengan ruangan tersebut.

Berbincang Sebelum Presentasi

Jika komdisi memungkinkan, sebelum presentasi dimulai, cobalah untuk menyapa audiensmu. Obrolan-obrolan kecil yang menyenangkan dapat menghangatkan suasana dan mengurangi rasa gugup.

Lakukan Peregangan

Sebelum naik ke pentas, coba untuk sedikit melakukan peregangan pada bagian leher, tangan, dan kaki. Hal ini dapat membuat dirimu merasa lebih baik, dan tidak terlalu tegang.

Toilet First

Pastikan kamu sudah pergi ke toilet sebelum melakukan presentasi. Jangan sampai kamu merasa ingin ke toilet saat naik ke atas panggung.

Gunakan Mouthwash

Hal ini cukup penting. Menggunakan mouthwash dapat membangkitkan rasa percaya dirimu saat berbicara kepada audiens. Jadi, meski kamu tidak merasa ada masalah pada mulutmu, coba tetap gunakan mouthwash. Mulutmu akan terasa lebih segar, dan membuat kamu lebih percaya diri.

Pilih Pakaian yang Tepat

Pakaian sangat menentukan penampilanmu saat berpresentasi. Untuk itu, pilihlah pakaian yang minimal paling kamu sukai dan nyaman untuk digunakan. Jangan lupa untuk melihat kepada siapa kamu akan berpresentasi dan kondisi lingkungan sekitar. Jadi, kamu bisa memilih pakaian apa yang cocok untuk kamu gunakan.

Posisikan Badan dengan Benar

Posisi badan akan sangat menentukan persepsi audiens terhadap dirimu. Untuk itu, pastikan kamu tidak bungkuk saat berbicara. Cobalah untuk berdiri dengan tegap (gagah) namun tidak membusungkan dada. Berdiri tegap bukan berarti kamu harus terlihat kaku ya!

Berdoa

Setelah melakukan semua hal di atas, pastikan dirimu tak lupa untuk berdoa. Hal ini dapat memberimu ketenangan batin, dan membangkitkan rasa percaya dirimu.

So, itu dia deretan tips yang dapat kamu coba. Semoga presentasimu berhasil!

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top