2016, Ekonomi Dunia Belum Akan Membaik

marketeers article

Ekonomi dunia yang sudah dihantam penurunan dalam beberapa tahun terakhir tampak belum akan membaik betul. Seperti dilansir dari Wall Street Journal, World Bank tampak agak pesimis dengan pertumbuhan ekonomi global tahun ini. Mereka menurunkan prediksi pertumbuhan untuk tahun ini dari 3,3% ke 2,9% alias diturunkan 0,4%.

Ini adalah penurunan prediksi ketiga dalam tiga tahun. Tahun lalu World Bank juga menurunkan prediksinya menjadi hanya 2,6% untuk pertumbuhan ekonomi tahun 2015. Beberapa negara dengan pengaruh ekonomi kuat tampak belum akan pulih benar. Brazil dan Rusia termasuk dalam negara berkembang yang tampak masih dalam kemuraman ekonomi.

Pun begitu dengan Tiongkok walau AS tampak dinilai sudah pulih sedikit demi sedikit. Eropa pun dinilai masih rawan. Satu faktor yang masih rawan juga adalah penguatan dolar AS masih sangat bergantung pada ekspor Negeri Paman Sam. Ekonomi AS sendiri diprediksi tumbuh 2,7% tahun ini, naik dari 2,5% tahun lalu.

Sementara kekuatan ekonomi kedua dunia Tiongkok diperkirakan hanya akan tumbuh 6,7% saja tahun ini. Padahal tahun lalu pertumbuhan Negeri Tirai Bambu sebanyak 6,9%. Prediksi ekonomi Tiongkok pada tahun ini merupakan penurunan dari enam bulan lalu di mana pada saat itu World Bank memperkirakan Tiongkok tumbuh lebih tinggi 0,3%. Dengan angka 6,7% itu, maka ini menjadi pertumbuhan ekonomi terburuk Tiongkok sejak 1990.

Paling mengenaskan adalah Brazil dan Rusia. Prediksi ekonomi terbilang cukup parah dari prediksi awal. Brasil diperkirakan hanya akan tumbuh di angka 2,5% saja dari prediksi awal 3,6%. Sementara Rusia juga mengalami hal serupa dengan prediksi pertumbuhan hanya 0,7% saja, dari 1,4% prediksi pertumbuhan.

 

Editor: Hendra Soeprajitno

    Related