2019, Garuda dan Citilink Hadirkan Layanan Wi-Fi Gratis

marketeers article

Garuda Indonesia Group bekerja sama dengan PT Mahata Aero Tekhnologi (Mahata) pada mengumumkan kerja sama peluncuran fasilitas free inflight connectivity yang akan dapat dinikmati mulai tahun 2019 mendatang. Dengan  kerja sama tersebut, nantinya pengguna jasa Garuda Indonesia dan Citilink dapat menikmati layanan akses internet secara cuma-cuma di seluruh penerbangan Citilink dan seluruh penerbangan domestik Garuda Indonesia.

Untuk menyediakan fasilitas free inflight connectivity ini, Garuda Indonesia Group akan melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar di media sosial selama penerbangan. GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerja sama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut. Aementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

Dalam kesempatan soft launching layanan Free Wi-fi tersebut, perwakilan dari Garuda Indonesia Group, Juliandra Nurtjahjo mengatakan bahwa layanan tersebut sejalan dengan komitmen dari Garuda Indonesia Group sebagai maskapai nasional yang terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan penumpang khususnya di era digital.

Juliandra menambahkan bahwa persaingan ketat dalam industri penerbangan saat ini kian menuntut pemain untuk memiliki visi teknologi (tech savvy) dan mengoptimalkan layanan yang modern dan mampu mempertahankan loyalitas pelanggan masa kini. “Tidak hanya untuk memperkuat pasar yang sudah ada, tapi keberadaan In-flight Wi-fi gratis ini juga ditujukan untuk mengaktivasi pangsa pasar baru yang saat ini belum tersentuh, misalnya seperti para millenials yang sering berpergian,” kata Juliandra

Senada dengan visi dan misi Garuda Indonesia Group, Mahata melihat bahwa fasilitas penerbangan dalam negeri (Indonesia) merupakan alat transportasi tercepat bagi penduduk Indonesia yang tinggal di berbagai pulau di Indonesia. Kehadiran Wi-Fi gratis dalam pesawat akan menjadi awal baru untuk revolusi pengalaman penerbangan ke depannya.

“Mobile connectivity adalah hal vital untuk membuat setiap orang dapat bertukar informasi setiap waktu. Namun, saat ini, mobile connectivity ini belum dapat dinikmati oleh banyak orang saat penerbangan. Ini adalah sebuah langkah besar yang dilakukan oleh kami bersama dengan Citilink dan Garuda,” sambung M. Fitriansyah, Direktur Utama, Mahata.

Related