Bupati Kudus: UMKM Kekuatan Ekonomi Nasional

marketeers article

Kabupaten Kudus mulai dapat sorotan akhir-akhir ini. Tak lain dan tak bukan karena peran Bupati Kudus Musthafa yang melakukan pembinaan di sektor Usaha Kecil & Menengah (UMKM) yang jumlahnya mencapai 13.700 UMKM. Bupati yang juga Pembina Forum UMKM Jawa Tengah ini menempatkan pemberdayaan UMKM sebagai pilar pertama program prorakyatnya.

Salah satu program pemberdayaan itu adalah dengan memberikan pinjaman tanpa agunan (jaminan) lewat kerja sama dengan Jamkrindo dan Askrindo. Musthafa memfasilitasi kredit usaha produktif dengan bunga hanya 0,9%, sudah termasuk biaya penjaminan, administrasi dan biaya produksi.

Keberhasilan mengangkat UMKM dan masyarakat bawah inilah yang mengantarkan Musthafa meraih sejumlah penghargaan bertaraf nasional seperti Satyalancana Karya Bakti Praja Nugraha yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Di wilayah Jawa Tengah, penghargaan ini hanya diraih oleh Musthafa.

”Kekuatan ekonomi nasional yang sebenarnya justru ada di pundak mereka, para UMKM,” ujar Musthofa yang juga Ketua Harian Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Semarang ini dan juga penerima Regional Marketing Award 2016 dari Indonesia Marketing Association (IMA).

Related