Mshop-leaderboard-mobile
Resource & Energy

Industri Tambang pun Butuh Dukungan Telekomunikasi

Industri Tambang pun Butuh Dukungan Telekomunikasi 62703146_xxl-3

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau dan 250 juta penduduk. Kondisi ini membuat Indonesia menghadapi tantangan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang tidak merata. Selama ini, pertumbuhan di Indonesia cenderung terkonsentrasi di wilayah Jawa, tempat tinggal untuk lebih dari 60% masyarakat Indonesia.

Pulau Jawa telah menerima dukungan pembangunan paling besar dari pemerintah. Sementara itu, wilayah timur Indonesia menjadi wilayah yang kurang berkembang karena infrastruktur transportasi dan komunikasi masih minim. Apalagi banyak daerah terpencil di sana. Hal ini membuat masyarakat terisolasi dari dunia luar.

Banyak daerah di luar Pulau Jawa adalah lokasi industri perkebunan dan pertambangan. Industri ini menjadi sumber utama mata pencaharian masyarakat dan menjadi kontributor ekonomi Indonesia. Adapun propinsi-propinsi yang perekenomiannya didukung oleh sektor pertambangan di antaranya adalah Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Riau, Papua, dan Kalimantan Timur.

Sayangnya, pembangunan infrastruktur di area pertambangan tersebut tidak didukung dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang baik. Padahal pertambangan merupakan bisnis yang mempunyai risiko tinggi.

Dengan koneksi telekomunikasi yang baik, hal ini dipercaya dapat menurunkan risiko di tempat kerja. Seperti menyediakan komunikasi dua arah antara penambang dan tim di kantor pusat untuk dapat memantau kondisi dan menyediakan konsultasi kepada tim medis.

Untuk itu, infrastruktur komunikasi yang baik merupakan hal penting pada operasi pertambangan yang pada akhirnya dapat mengurangi limbah, meminimalisir dampak lingkungan, dan meningkatkan keselamatan pekerja. Semua ini akan memberikan kontribusi pada pertumbuhan sektor pertambangan yang melambat pada beberapa tahun terakhir.

Melihat kondisi ini, Omoco, perusahaan penyedia solusi jaringan dari VNL yang berbasis di India mencoba membantu para pemangku kepentingan dalam menawarkan konektivitas. Omoco bekerja sama dengan perusahaan di bidang pertambangan dan menawarkan solusi jaringan mikro yang dapat memberikan cakupan jaringan sampai di tempat yang paling terpencil.

Solusi yang Omoco tawarkan termasuk layanan suara, data, dan pesan. Omoco juga menghadirkan layanan tersebubut dengan didukung tenaga surya untuk daerah untuk memperbaiki kesenjangan digital di Indonesia.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top