Bandara Soekarno Hatta Lengkapi Fasilitas dengan Bioskop Digital

marketeers article
53478479 cinema, entertainment and people concept happy friends watching movie in theater from back

Saat ini, banyak bandar udara di dunia yang tidak hanya menjadi tempat terbang dan landas pesawat. Beberapa dari bandara ini juga melengkapi dengan fasilitas istirahat dan hiburan. Salah satu yang sedang tren saat ini adalah kehadiran bioskop di dalam bandara.

Beberapa bandara seperti Changi di Singapura, Minneapolis-Saint Paul International Airport di Minnesota, Indira Gandhi International di New Delhi, Hong Kong International Airport, Incheon di Seoul, dan Portland International Airport di Oregon, telah memberikan fasilitas bioskop di dalam komplek bandara.

Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara Soekarno Hatta juga telah menghadirkan layanan bioskop digital di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dalam membangun fasilitas hiburan ini, Angkasa Pura II melakukan kolaborasi dengan PT Telkom Indonesia.

Bioskop digital ini terletak di keberangkatan domestik Terminal 3, berkapasitas 13 kursi executive yang dilengkapi layar lebar dan ruang kedap suara. Di salah satu bagian ruang airport digital cinema juga terdapat private booth bagi pengunjung untuk menikmati fitur-fitur Indihome seperti TV on demand, video on demand, iflix, dan catchplay melalui wide screen smart TV. Bagi penggemar game dapat juga menghabiskan waktu menunggu penerbangan di game station yang juga ada di area airport digital cinema ini.

Airport digital cinema ini merupakan bagian dari kampanye program Airport Go Digital yang dicanangkan AP II sejak akhir tahun lalu, dan kami berharap layanan terbaru ini dapat menjadi salah satu ikon era digital di bandara-bandara AP II khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” ujar President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Awaluddi menambahkan untuk memudahkan, penumpang pesawat dapat melihat jadwal dan memesan kursi untuk menonton di digital cinema melalui aplikasi Indonesia Airports. Di aplikasi yang sama, penumpang pesawat juga dapat meminta film yang ingin diputar.

“Digital cinema ini dapat dihadirkan untuk para penumpang pesawat berkat sinergi yang baik antara Telkom dan AP II. Apabila saat ini digital cinema berada di Terminal 3 Domestik, Ke depannya sangat mungkin digital cinema ini juga dapat dinikmati oleh penumpang pesawat di Terminal 3 Internasional yang akan beroperasi dalam waktu dekat,” ujar EVP Regional II Jakarta PT Telkom Teuku Muda Nanta.

Operasional harian bisokop digital diselenggarakan sepenuhnya oleh Telkom, termasuk konten penayangan serta pengadaan properti. Sementara itu, ruangan dan sistem kelistrikan serta informasi terkait digital cinema ini dipenuhi oleh PT Angkasa Pura II (Persero).

Bioskop digital ini melengkapi layanan berbasis digital lain yang terlebih dulu ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta seperti Smart Parking, Smart Queuing System untuk taxi, Digital Baggage Handling System, Self-Service Check-in, WiFi berkecepatan tinggi, serta aplikasi Indonesia Airports yang saat ini dapat diakses melalui smartphone android dan ke depannya juga melalui iOS.

“Sejalan dengan pengembangan dan penyiapan infrastruktur teknologi informasi serta tersedianya konten-konten digital, AP II akan meningkatkan dan mengintergrasikan kualitas infrastruktur data dan internet serta membuat semua proses bisnis yang ada di kawasan bandara mengarah ke model digital dengan visi menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi kawasan Soekarno-Hatta Digital Aeroplex,” pungkas Awaluddin.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Related