Telkom Terus Perkuat Jaringan dan Infrastruktur di Wilayah Papua

marketeers article

Telkom terus meningkatkan kebutuhan akses telekomunikasi digital bagi masyarakat Indonesia, salah satu yang disasar oleh Telkom adalah Papua. Baru-baru ini layanan TV interaktif Telkom, UseeTV, sudah bisa dinikmati di wilayah Papua seperti Raja Ampat, Manokwari, Sorong, Fakfak, Kaimana, Biak, Sarmi, Sentani, Timika, Jayapura, Abepura, dan Merauke.

“Hingga akhir Februari 2017, terdapat 11.876 pelanggan di Papua yang telah menikmati IndiHome Fiber,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.

Kehadiran jaringan UseeTv di Papua tidak lepas dari dukungan jaringan tulang punggung pita lebar serat optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) yang telah rampung dibangun Telkom pada akhir 2015.

Jaringan SMPCS juga menjadi backbonecsistem komunikasi seluler Telkomsel. Hingga Februari 2017, jumlah Base Transceiver Station (BTS) yang telah dibangun Telkomsel sebanyak 2.378 unit, di mana 58,7% di antaranya merupakan BTS 3G/4G. Melalui infrastruktur dan layanan ini, Telkomsel memastikan kenyamanan komunikasi bagi sekitar 3.6 juta pelanggan yang tersebar di berbagai wilayah di Papua.

Untuk memastikan masyarakat lainnya dapat terhubung ke jaringan internet, Telkom juga membangun 30 Wifi Corner (WiCo) dengan kecepatan hingga 100 Mbps di seluruh kantor Telkom, beberapa fasilitas umum, serta perguruan tinggi di Papua.

“Contohnya di Universitas Cendrawasih, Telkom telah membangun 5 titik WiCo untuk memudahkan mahasiswa dan dosen terhubung ke jurnal-jurnal penelitian yang biasanya dibutuhkan untuk mendukung kegiatan perkuliahan,” lanjut Arif.

Telkom juga menghadirkan layanan Smart City bagi institusi pemerintahan. Pemerintah Provinsi Papua, Kota Jayapura, dan Kabupaten Manokwari telah menikmati jaringan yang disediakan oleh Telkom. Layanan Smart City yang disajikan connectivity, aplikasi e-government, access point, dan CCTV.

Sementara itu, sebagai bentuk komitmen dalam menumbuhkan industri pariwisata nasional, Telkom telah menempatkan landing point kabel laut serat optik di Raja Ampat, guna mendukung layanan 4G Telkomsel di salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia tersebut.

“Dengan tersedianya jaringan SMPCS hingga Papua, Telkom telah mampu menghadirkan berbagai layanan digital berkualitasbagi seluruh lapisan masyarakat Papua. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam meniadakan kesenjangan digital di seluruh wilayah Indonesia,” tutup Arif.

Editor: Sigit Kurniawan

Related