Sepuluh Tahun Gandeng AHM, DBL Siap Beri Kejutan

marketeers article
37735139 basketball stadium

Sejak 2008, PT Deteksi Basket Lintas (DBL) bekerjasama dengan Astra Honda Motor (AHM) menumbuhkan semangat kompetisi bola basket di kota-kota di Indonesia. Memasuki tahun ke-sepuluh kolaborasi mereka dalam Honda DBL, baik DBL dan AHM siap untuk memulai kompetisi Honda DBL di 25 kota di 22 provinsi di Indonesia.

“Tidak pernah terbayangkan DBL dan AHM bekerjasama selama satu dekade. Rasanya tidak ada program olahraga sebesar ini yang memiliki partner utama dalam durasi selama ini,” ujar Presiden Direktur DBL Azrul Ananda di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Honda DBL merupakan kompetisi olahraga bola basket untuk tingkat pelajar SMA. Lebih dari sepuluh tahun DBL dan AHM keliling Indonesia untuk memberikan wadah dan fasilitas olahraga untuk para pelajar di Indonesia.

Selama sepuluh tahun lebih pula DBL mampu memberikan konsistensi dalam pengadaan sebuah kompetisi olahraga yang profesional. Sampai saat ini, DBL tetap konsisten untuk tidak menerima sponsor rokok dan minuman berenergi.

Honda DBL juga memberikan standar baru dalam dunia olahraga tingkat pelajar. Setiap pelajar yang mengikuti kompetisi Honda DBL minimal tidak boleh memiliki nilai di bawah angka enam. Konsep Student Athlete yang diusung untuk menumbuhkan sikap disiplin di kalangan pemain.

Selain itu, Azrul juga memberikan standar yang tinggi kepada setiap pelaksanaan Honda DBL di tiap-tiap kota. Menurutnya baik di Surabaya atau di Jayapura, setiap orang yang menonton akan merasakan atmosfer kompetisi yang sama.

“Kompetisi ini harus bisa sustainable, oleh sebab itu dibutuhkan pola bisnis benar. Semakin besar liganya semakin bagus dampaknya bagi semua orang,” ujar Azrul.

Dalam kesempatan yang sama juga turut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Imam Nahrawi. Menurutnya standar yang kuat dan tegas dari Honda DBL bisa dijadikan contoh oleh pengelola cabang olahraga yang lain.

“Semua cabang olahraga harus bisa bermain dengan hati agar bisa merasakan suasana damai, senang, kompetitif, dan berprestasi. Di negara maju pembinaan olahraga dimulai melalui pendidikan. Sebab itu, tadi saya pesan ke Mas Azrul untuk bisa mewadahi liga basket mahasiswa,” tambah Imam Nahrawi.

Kompetisi Honda DBL 2017 akan dimulai di Surabaya dan dilanjutkan di 24 kota lainnya setelah bulan puasa tahun ini. Pada tahun 2016, jumlah partisipan dalam Honda DBl mencapai 34 ribu lebih peserta. Sementara, untuk jumlah penonton mencapai lebih dari 900 ribu penonton.

Editor: Sigit Kurniawan

Related