Garuda Indonesia Travel Fair Tak Sekadar Jual Tiket Wisata

marketeers article

Garuda Indonesia kembali menggelar Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 phase 1 pada  10-12 Maret 2017 di  Jakarta Convention Center. Aktivasi ini sekaligus upaya membantu pemerintah dalam percepatan pengembangan sepuluh destinasi wisata unggulan nasional.

​Dengan tema “Digital Experience”, GATF 2017 berupaya memberikan terobosan terbaru fitur layanan digital GATF 2017 yang dapat diakses melalui fitur Garuda Indonesia mobile apps dan telah dilengkapi berbagai platform teknologi serta layanan terbaru.

Dalam pembukaan GATF 2017, Menteri BUMN RI Rini Sumarno menyambut baik terobosan yang dilakukan Garuda Indonesia dalam mendukung akselerasi pengembangan destinasi prioritas pariwisata nasional melalui sinergi BUMN yang dilaksanakan bersama dengan Bank BNI.

​”Sektor industri pariwisata saat ini menjadi salah satu tumpuan bagi pendapatan nasional. Sebagai maskapai kebanggaan nasional dan salah satu bank terbesar di Indonesia, kiranya sinergi yang terjalin ini tidak hanya memaksimalkan potensi aspek komersial kedua perusahaan namun juga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, terutama untuk memberikan berbagai alternatif perencanaan perjalanan wisata yang diinginkan,” ujar Rini.

Menteri BUMN RI Rini Sumarno bersama dengan Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo dan VP Digital Business Garuda Indonesia Wibawa Prasetyawan meninjau fasilitas mobile apps di booth Garuda Indonesia

​Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo menjelaskan bahwa pelaksanaan GATF ini tidak hanya merupakan upaya Garuda Indonesia dalam menjembatani kebutuhan masyarakat akan paket perjalanan yang terjangkau.

​“Berbeda dengan pelaksanaan GATF sebelum-sebelumnya, sesuai dengan tema “Digital Experience”, pada penyelenggaraan di tahun kesembilan ini, kami juga melaksanakan GATF 2017 phase I secara online yang dapat diakses melalui mobile apps Garuda Indonesia yang telah kami sempurnakan. Kami menawarkan harga menarik untuk hampir seluruh rute inbound ke Indonesia dari destinasi-destinasi internasional yang kami layani. Hal ini juga merupakan upaya kami mendukung target 15 juta wisatawan mancanegara tahun 2017 sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah,” tambah Arif.

​Selain kegiatan travel fair Garuda Indonesia juga ikut mendukung pengembangan potensi ekonomi kreatif nasional dengan melakukan penandatanganan kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Penandantanganan kerjasama tersebut dilaksanakan dilaksanakan secara simbolis oleh Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf.

​Melalui kerjasama tersebut, Garuda Indonesia berkomitmen untuk mendukung program bidang riset, edukasi dan pengembangan ekonomi kreatif, akses pemodalan, infrastruktur, pemasaran, regulasi HAKI serta hubungan antar Lembaga dan Wilayah yang dilaksanakan oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf bersama dengan Direktur Garuda Indonesia M. Arif Wibowo menandatangani dukungan komitmen pengembangan potensi ekonomi kreatif pada pembukaan GATF 2017

​Pada pelaksanaan GATF tahun 2017 phase I yang dilaksanakan di Jakarta ini, Garuda Indonesia menargetkan pendapatkan penjualan hingga  Rp 207,3 miliar dengan total pengunjung sebanyak 77 ribu pengunjung. Sementara itu untuk pelaksanaan GATF 2017 phase I secara nasional, Garuda Indonesia menetapkan target pencapaian sebesar Rp. 380 miliar.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengungkapkan, tema Digital Experience yang diusung dalam GATF Phase 1, selaras dengan digitalisasi layanan perbankan yang disiapkan BNI melalui Program BNI Digination. Sesuai dengan semangat BNI Digination, BNI bertekad untuk memberikan layanan tanpa batas kepada seluruh masyarakat di Indonesia karena

​“BNI mengutamakan semangat sinergi BUMN dan menunjang program Kementerian Pariwisata. Kerja sama ini mampu mendorong traffic wisatawan ke tujuan wisata domestik baru seperti Labuan Bajo, dan sembilan destinasi wisata utama lainnya yang menjadi prioritas pemerintah,” ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya dimana selain di Jakarta juga dilaksanakan di beberapa kota lainnya, GATF 2017 phase I ini juga dilaksanakan  di 23 kota besar lainnya seperti Medan, Batam, Tanjung Karang, Jambi, Palembang, Padang, Banda Aceh, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Surabaya, Denpasar, Lombok, Kupang, Pontianak, Balikpapan, Makassar, Menado, Kendari, Ambon, Timika, dan Jayapura.

​Melalui “Digital Experience”, Garuda Indonesia memperkenalkan LINE Official Account Garuda Indonesia yang merupakan satu satunya LINE Official Account maskapai penerbangan di Indonesia saat ini. Dengan lebih dari 90 juta pengguna LINE di Indonesia, Garuda Indonesia mengharapkan penetrasi yang lebih luas dari sisi digital khususnya pada messaging platform dan smart portal seperti LINE.

Editor: Sigit Kurniawan

    Related