Consumer Goods

Ikonik, Converse Chuck Taylor All Star Masuki Usia Satu Abad

Siapa yang tidak kenal dengan merek sepatu Converse seri Chuck Taylor All Star? Seri sepatu Converse ini sudah sangat melegenda. Mulai dari musisi, seniman, artis, pemain olahraga, skaters pernah menggunakan sepasang Chuck Taylor All Star dalam tiap aksinya. Tahun ini seri Chuck Taylor All Star memasuki usia 100 tahun.

Chuck Taylor All Star pertama kali diproduksi pada tahun 1917. Awalnya, sepatu ini didesain untuk para pemain bola basket. Bertahun-tahun seri ini menjadi salah satu ikon sepatu paling legendaris sampai saat ini. Memasuki usia satu abad, Converse merilis kampanye berjudul Forever Chuck sebagai perayaan 100 tahun Chuck Taylor All Star .

Nike yang membeli Converse pada tahun 2003, menjelaskan bahwa seri Chuck Taylor merupakan simbol dari budaya anak muda. Kampanye Forever Chuck yang dirilis merupakan simbol dari perpaduan dan hubungan Converse Chuck Taylor dengan generasi muda saat ini.

Ikonik, Converse Chuck Taylor All Star Masuki Usia Satu Abad Converse-4-1024x390

“Seri Chuck Taylor telah menjadi ikon budaya dengan sejarah yang kaya dan mungkin akan lebih hebat lagi di masa yang akan datang. Melalui kampanye ini kami memperkenalkan sekelompok orang-orang yang inovatif dan menarik, mereka membagikan nilai-nilai dari Converse dan membawa semangat budaya anak muda,” ujar Chief Marketing Officer COnverse Julien Cahn.

Dalam video yang diungah di YouTube berdurasi dua menit satu detik, Converse menampilkan nama-nama berbakat dalam dunia hiburan saat ini. Rata-rata nama-nama tersebut merupakan nama-nama muda yang sedang membangun karir mereka. Di antara mereka adalah rapper Keith Ape dan Vince Staples, Olly Alexander dari group musik Years & Years, bintang seri Black-ish Yara Shahidi, Maisie Williams yang populer melalui seri Game of Thrones, dan Millie Bobby Brown dari serial sukses Stranger Things, dan beberapa bintang muda lainnya.

Ikonik, Converse Chuck Taylor All Star Masuki Usia Satu Abad Converse-1-300x173

Seri Chuck Taylor pertama kali dipopulerkan oleh pemain bola basket bernama Chuck Taylor pada tahun 1921. Pada era Perang Dunia II, seri Chuck Taylor digunakan oleh para tentara ketika latihan. Pada era 1960an, 90% dari pemain bola basket di Amerika Serikat baik profesional dan kampus, menggunakan seri satu ini.

Di dunia musik, seri Chuck Taylor memiliki tempat tersendiri. Barisan musisi punk dan rock legendaris menjadikan seri ini sebagai sepatu wajib. The Ramones, Nirvana, Kurt Cobain, The Strokes, dan lainnya pernah tampil menggunakan sepatu ini. Di perfilman, tidak terhitung berapa kali seri Chuck Taylor tampil. Salah satu yang ikonik adalah pada seri film Back to The Future.

Pada tahun 2015, Converse sempat membuat seri modern dari Chuck Taylor dengan Converse Chuck Taylor All Star II. Selain menggunakan bahan dasar kanvas tipe premium, seri terbaru Chuck Taylor All Star II juga dilengkapi dengan teknologi busa Nike Lunarlon.

Teknologi Nike Lunarlon sudah diterapkan pada sepatu Nike. Sayangnya, sepatu ini tidak bisa memperoleh kesuksesan yang sama dengan seri sebelumnnya.

Editor: Sigit Kurniawan

 

Most Popular








To Top