Mshop-leaderboard-mobile
Resource & Energy

Strategi Digital Marketing Semen Gresik Berhasil Raih WOW Brand

Strategi Digital Marketing Semen Gresik

PT Semen Gresik sebagai salah satu operating company dari PT Semen Indonesia Tbk berhasil membawa pulang dua penghargaan dari ajang WOW Brand Festive Day. Kedua penghargaan itu adalah Brand for Good Club 2017 dan Silver Champion untuk digital campaign “Keluarga Kokoh”. Strategi digital marketing yang tepat menjadi kunci kesuksesan Semen Gresik.

Keberhasilan ini dijelaskan oleh Commercial Director Semen Gresik M. Saifudin. Menurutnya, strategi perseroan untuk menciptakan branding yang kuat di antaranya karena terjalinnya keselarasan antara fundamental produk yang berkualitas, peran marketing yang terukur, serta kampanye yang tepat sasaran.

“Dengan keselarasan itu, customer akan aware dan percaya sehingga dapat ngefans dengan produk kami,” tegasnya.

Keselarasan tiga proses itu, lanjut dia, sangat penting, dari mulai membangun produk berkualitas, meredefinisi segmentasi pasar (marketing), dan didukung kampanye sekarang yang lebih ditarget sesuai kebutuhan.

“Kalau dahulu kampanye hanya tingkat distributor, tapi sekarang ke end user seperti rumah tangga, tukang bangunan, dan kontraktor,” tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa semua kampanye itu dikemas dengan teknologi digital. Misalnya, untuk target end user seperti rumah tangga, Semen Gresik membuat platform digital bernama “keluargakokoh.com” yang di dalamnya terdapat edukasi, informasi, promosi, program loyalitas, serta konsultasi. Dengan teknologi digital, rumah tangga dapat diedukasi untuk menjadi anggota sehingga akan mendapatkan manfaat yang lebih, yaitu berupa poin atau program lainnya dan Semen Gresik pun dapat memperoleh database calon konsumen.

“Untuk tukang bangunan, kami membuat platform digital yakni jagobangunan.com yang dapat menjadi database end user yakni tukang bangunan dan kontraktor,” paparnya.

Dua platform digital itu, kata Saifudin, dapat diselaraskan sehingga menjadi database yang solid dan menjadi alternative channel untuk transaksi online.

Selain itu, Semen Gresik juga tetap melakukan endorsement dan menggunakan influencer untuk melaksanakan co-branding. Langkah ini diharapkan dapat membuat Semen Gresik memenangi persaingan pasar di tengah maraknya kemunculan merek-merek baru di industri semen.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top