Opinion

Armand Hartono Tantang Mahasiwa Berinovasi di Era Fintech

Armand Hartono Tantang Mahasiwa Berinovasi di Era Fintech 44155179_ml-e1489642238198
123rf.com

Armand Hartono selaku Wakil Presiden Direktur Bank BCA menyemangati ratusan mahasiswa untuk terus bergerak dan melakukan inovasi. Hal ini disampaikannya dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia memasuki era financial technology (Fintech) di industri perbankan.

“Bank BCA saat ini membukukan 22 juta transaksi dalam sehari. Bank BCA bisa mencapai seperti itu karena teknologi,” ujar Armand di Depok, Rabu (15/3/2017).

Menurutnya, saat ini industri mengalami pergeseran. Masyarakat yang tadinya bergerak pada bidang agrikultur bergeser menuju masyarakat industrial. Masyarakat industrial pun mulai bergeser pada services industry berbasis teknologi.

Teknologi saat ini telah banyak membantu bahkan menggantikan peran manusia dalan proses produksi. Meskipun begitu Armand meyakinkan kepada para mahasiswa agar tidak khawatir lahan pekerjaan akan berkurang akibat perkembangan teknologi.

“Jangan takut, masih banyak kerjaan. Manusia memiliki limitasi. Sebab itu, manusia menciptakan inovasi melalui teknologi. Pabrik mobil walaupun udah pakai mesin, manusia tetap dibutuhkan untuk pelayanannya,” jelasnya.

Saat ini, sambung Armand, di Bank BCA pertumbuhan di kantor cabang sudah mulai stagnan. Saluran seperti m-Banking dan Internet Banking semakin tumbuh. Namun, di balik pergerakan m-Banking dan Internet Banking, ia meyakini ada peran manusia-manusia inovatif yang membantu roda bisnis Bank BCA

Selain berinovasi, Armand juga menantang kepada para mahasiswa untuk bisa mengubah kebiasaan orang. “Sejago-jagonya berinovasi, harus bisa membantu dan memasarkan orang untuk mengubah kebiasaannya. Teknologi cepat berubah, namun tidak dengan manusia,” pungkasnya.

Editor: Sigit Kurniawann

Most Popular








To Top