Main di Segmen Baru, SHARP Optimistis Pertahankan Market Share

marketeers article

Meski telah menjadi penguasa pasar mesin cuci di Indonesia dengan pangsa pasar 30,7% pada akhir 2016, PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) tak berhenti berinovasi. Untuk itu, SHARP merilis mesin cuci berukuran 12 kg dan 14 kg, pasar yang belum pernah dimasuki SHARP sebelumnya.

Ada berbagai alasan mengapa SHARP bermain di pasar ini. Yaitu pertumbuhan kelas menengah di Indonesia, menjamurnya bisnis laundry rumahan, dan kebutuhan mencuci pakaian keluarga. Sharp menghadirkan solusinya dengan meluncurkan mesin cuci New Line Up of Twin Tub Washing Machine.

“Karakteristik konsumen Indonesia terutama kelas menengah terhadap mesin cuci semakin menarik, mereka cenderung mengutamakan besarnya muatan yang mampu ditampung mesin cuci guna mempermudah aktivitas sehari-hari. Apalagi, jumlah anggota keluarga di setiap hunian yang cukup banyak dan berimbas pada tumpukan pakaian kotor yang besar pula. Di sisi lain, mereka juga tetap menginginkan mesin cuci yang hemat dari segi biaya,” ungkap Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT SHARP Electronics Indonesia.

Mesin cuci kapasitas besar ini mengakomodir kebutuhan sebuah keluarga yang memiliki anggota keluarga lebih dari  enam orang. Bahkan, mesin cuci ini pun cocok digunakan untuk usaha laundry di mana mesin cuci ini mampu membersihkan pakaian dengan jumlah banyak dan ukuran yang besar seperti bed cover, sprai, hingga selimut.

Optimistis

Ada tiga diferensiasi yang ditawarkan SHARP melalui produk barunya ini. Yaitu bersih, besar, dan hemat. Permasalahan klasik seputar kebersihan pakaian dengan menggunakan mesin cuci dapat dituntaskan dengan teknologi W-screw pulsator yang dikembangkan lebih baik dari pulsator pada umumnya.

Selain itu, filtrasi Super Aquamagic yang lebih besar 30% dari ukuran biasanya juga mampu meminimalisir 56% zat karat dalam air yang kerap menempel dan menyebabkan pakaian menguning. Yang tak kalah penting, mesin cuci seri ini pun dibenamkan teknologi double anti-bacteria berupa perlindungan silver ion (Ag+) yang melapisi pulsator dan filter air guna melindungi cucian dari bau apek yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Dibandingkan produk mesin cuci lainnya, mesin cuci dua tabung SHARP ini membutuhkan daya 365 watt saat mencuci dan 180 watt saat mengeringkan pakaian. Twin Tub Washing Machine segera dipasarkan secara serentak di akhir April 2017 dengan kisaran harga Rp 2,6 juta untuk kapasitas 12 kg dan Rp 2,8 juta untuk kapasitas 14 kg.

“Dengan harga yang kompetitif dan daya beli konsumen yang tinggi, kami semakin optimistis menargetkan penjualan 10.000 unit untuk 12 kg dan 15.000 unit untuk 14 kg di tahun 2017 dengan total market share sebesar 33% untuk Twin Tub Washing Machine,”  tambah Teraoka.

Related