Cash 360, Strategi Standard Chartered Layani Nasabah Korporasi

marketeers article
Sumber foto: www.positivityglobal.com

Sebagai bank asing yang sudah beroperasi di Indonesia lebih dari 15 dekade –sejak tahun 1863-, Standard Chartered Bank (SC) terus meningkatkan layanannya dalam dunia digital. Tak hanya untuk segmen ritel, SC juga menghadirkan layanan digital bertajuk Straight2Bank untuk nasabah korporasi.

Hal ini tidak terlepas dari perubahan behavior nasabah korporasi yang semakin melek digital. “Kami menyediakan platform yang trennya lebih ke digital, baik nasabah perorangan atau perusahaan. Terserah nasabah maunya bagaimana,” kata Irvan Noor, Head of Commercial Banking Indonesia Standard Chartered Bank.

Berbagai layanan pun dihadirkan, mulai dari urusan transfer, mengetahui lalu lintas uang, memesan buku cek hingga membuka letter of credit (L/C). Khusus untuk L/C, nasabah cukup mengisi form yang ada dan selanjutnya tinggal mengirim ke pihak SC secara digital. Selanjutnya, SC akan membantu proses pembuatan L/C tersebut.

Nah, yang terakhir, SC juga menghadirkan layanan Cash Deposit Machine (CDM) dengan nama Cash 360. Adapun SC menyasar nasabah korporasi yang banyak melakukan transaksi uang tunai dan harus menyetor ke rekening. Mesin CDM yang bentuknya lebih kecil dari mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ini ditaruh di tempat nasabah.

“Layanan ini bisa disandingkan dengan pick up service. Tapi pick up service biasanya diambil setiap dua hari sehingga nasabah rugi bunga. Dengan Cash 360, mereka cukup setor di mesin dan efektif link ke rekening mereka. Jadi real time,” kata Ivan.

Cash 360 ini pun diharapkan bisa membuat nasabah merasa lebih efisien. Selain bisa memasukkan uang secara real time, mereka juga bisa menghemat biaya operasional. Maklum, untuk melakukan setoran uang ke cabang, setidaknya perusahaan harus menyediakan tenaga khusus, mulai dari staf, kasir, keamanan, hingga mobil dengan spesifikasi khusus.

“Memang, ada biaya yang dikenakan ke nasabah. Tapi biaya itu akan affordable jika melihat fitur yang kami tawarkan. Kami adalah yang pertama, first to launch. Bahkan, ada nasabah yang meminta 4-5 mesin,” katanya.

Selain memberikan servis yang unik, SC pun melihat Cash 360 ini sebagai salah satu solusi terhadap keterbatasan jumlah cabang mereka. “Investasi kami juga cukup affordable. Jika biaya sebanding dengan manfaat, kenapa tidak? Dengan keterbatasan cabang kami, ini bisa menjadi solusi bagi kami,” katanya.

    Related