Rilis TV Easy Smart, Sharp Incar Posisi Market Leader

marketeers article
SHARP 004_LC-60LE275X

Perubahan gaya hidup masyarakat urban memengaruhi perilaku mereka dalam memilih peralatan elektronik, khususnya kelas menengah. Tidak terkecuali produk televisi. Saat ini masyarakat perkotaan yang memiliki karakter kelas menengah berpendidikan lebih baik, menyukai gadget, dan memiliki akses internet yang tinggi menjadi syarat tambahan ketika seseorang akan membeli televisi.

Televisi yang pada mulanya hanya berfungsi sebagai tontonan dari tayangan program stasiun TV, film DVD dan bermain video games, kini meningkat menjadi alat untuk berseluncur di dunia maya dan menonton beragam tontonan yang ditawarkan via internet.

Melihat peluang tersebut, PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) menambahkan jajaran televisi terbaru dengan ukuran layar besar yang sudah dimiliki sebelumnya dengan kemudahan untuk mengakses tiga aplikasi hiburan favorit konsumen saat ini, yaitu internet browser, YouTube, dan Netflix dengan satu sentuhan yang terintegrasi langsung dalam remote televisi.

“Kami menyadari bahwa saat ini konsumen cenderung menggunakan televisi untuk aktivitas lainnya seperti internet browsing, YouTube, dan Netflix. Perilaku ini mendorong permintaan pasar yang cukup tinggi akan televisi dengan ukuran yang lebih besar. ‘Upsizing Your TV’ menjadi ajakan yang digaungkan oleh SHARP kepada konsumennya untuk mengganti televisi mereka ke ukuran yang lebih besar guna mendapatkan kepuasan dalam menonton,” tutur Shinji Teraoka, President Director PT SHARP Electronics Indonesia.

Tiga aplikasi hiburan dengan ribuan tontonan dalam satu perangkat menjadi andalan jajaran televisi terbaru dari Sharp yang juga disebut dengan fitur Easy Smart. Tanpa harus direpotkan dengan menekan beragam tombol pada remote televisi untuk menuju saluran yang dituju, konsumen dapat dengan mudah mencari tombol YouTube dan Netflix yang dirancang khusus pada panel remote dan telah dibenamkan di awal.

Produk anyar ini juga dilengkapi fasilitas Ultra-HD (High Definition). Dengan dukungan X4 Master Engine, harapannya konsumen dapat merasakan pengalaman menonton yang tampak nyata dari aslinya. X4 Master Engine unggul akan kemampuannya dalam menggabungkan variasi warna dari rich color dengan teknologi prosesor kontras.

Selain itu, produk ini juga memiliki fitur MHL atau Mobile High-Definition Link sehingga konsumen dapat menyinkronisasikan konten maupun games yang tengah digunakan pada ponsel pintar langsung ke layar televisi. Kekhawatiran akan habisnya baterai ponsel juga dapat diatasi dengan mudah karena di saat yang bersamaan televisi juga dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai.

Dalam urusan garansi, produk ini sudah dilengkapi Japan Quality 7 Shields yang mampu menghindari perangkat elektronik dari tujuh ancaman berbeda seperti hewan pengerat, getaran, hingga api dan tiga tahun garansi bagi konsumen. Selain itu, Sharp juga menyediakan penggantian unit televisi baru bagi setiap konsumen yang melaporkan kerusakan televisinya akibat hantaran petir.

Garansi Ganti Baru

Smart TV merupakan salah satu kategori produk yang masih menggiurkan bagi pemain elektronik karena peluang yang begitu besar di pasar Indonesia dan menjadi incaran cukup banyak konsumen.  Meski kondisi ekonomi yang sempat menurun, namun selama dua tahun terakhir Sharp masih mampu mengoptimalkan penjualannya. “Kami pun terus berupaya untuk meningkatkan market share dan berhasil membuktikan peningkatan ini dari 11% ke 17,5% di bulan April lalu,” kata Andrew Gultom, Product Strategy Assistant General Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Dalam line-up terbaru, Sharp menargetkan 8.000 unit untuk 45 inch, 22.000 unit untuk 50 unit, dan 3.000 unit untuk 60 inch.  “Kedepannya kami optimis untuk menjadi market leader untuk LED TV. Untuk mewujudkannya, inovasi akan terus kami kembangkan dengan teknologi dan fitur yang semakin terdepan, serta dengan harga yang mampu bersaing dengan merek elektronik lainnya,” imbuh Andrew.

Televisi easy smart terbaru dari Sharp ini akan menghadirkan tiga ukuran berbeda dengan total lima line-up, diantaranya LC-40LE380X (Rp 6 juta), LC-50LE380X (Rp 10 juta), LC-60LE380X (Rp 16 juta), LC-50UA440X (Rp 13 juta), dan LC-60UA440X (Rp 20 juta), di mana seluruh line-up telah tersedia sejak Mei 2017. Dalam kesempatan yang sama, Sharp juga turut mempersembahkan dua model lain dari kategori non-smart TV yaitu LC-45LE280X  yang dibandrol harga Rp 6 juta dengan ukuran 45 inch  dan harga Rp 15 juta untuk  LC-60LE275X  dengan ukuran 60 inch.

Related