Mshop-leaderboard-mobile
Consumer Goods

APP Sinarmas: Jaminan Halal Bawa Diferensiasi yang Kuat

APP Sinarmas: Jaminan Halal Bawa Diferensiasi yang Kuat IMG_6555
M. Adjidarmo dan Citra Yulia dari APP Sinarmas

Pasar industri kini sudah semakin ketat persaingannya. Beda dengan puluhan atau ratusan tahun lalu yang masih bisa menganut teori ekonomi klasik. Jika masih ingat, Adam Smith dalam teorinya menitikberatkan pada kemampuan produksi untuk mencapai kemakmuran. Kala itu pun berlaku hukum bahwa produsen hanya fokus untuk melakukan produksi sebanyak-banyaknya dan pasar akan menyerap semuanya.

Di era sekarang, ini jelas tidak bisa. Sebuah merek perlu membangun diferensiasi pada produknya sebagai daya saing. Kehadiran produk saja hanya dianggap sebagai hal dasar. Hal ini yang dipercaya oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinarmas yang membangun daya saing produknya dengan sistem jaminan halal. APP mengembangkan berbagai produk dengan jaminan halal. Kertas halal, salah satunya.

“Hal ini adalah inisiatif kami beberapa tahun lalu. Kami melihat pada tahun 2015, industri halal global mencapai US$ 1,8 triliun dan diprediksi terus meningkat hingga US$ 2,6 triliun pada tahun 2020. Ini adalah peluang. Kami memulai hal ini pada tahun 2004 dan hingga saat ini terus melakukan edukasi pasar agar semakin melek terhadap produk halal dan manfaatnya,” jelas Citra Yulia, Product Manager of Color Paper & Indah Kiat Stationery APP kepada para jurnalis di kantornya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Citra melanjutkan, halal proses adalah salah satu karakter dari kertas buatannya. Sertifikat halal tersebut diperoleh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH/HAS) 23000. Jaminan ini didapat berkat berbagai aspek mulai dari proses pemilihan bahan baku kertas, proses produksi, penyimpanan, hingga pengiriman yang memerhatikan nilai kehalalannya.

Bahkan, Citra menjelaskan bahwa pihaknya kerap mensucikan sendiri kargo untuk pengiriman barang lantaran sistem logistik di negeri ini belum ada yang memberikan jaminan halal.

Perlakuan ini dilakukan untuk semua produk mereka. Beberapa di antaranya adalah produk QPP – Sinar Tech, kertas warna khusus untuk pencetakan Al Quran. Kertas ini mampu bertahan lebih dari 100 tahun dalam pemakaian normal. Selain Al Quran, kertas ini juga bisa untuk buku tulis, majalah premium, brosur, dan lainnya.

Selain itu, APP juga membuat produk kemasan dengan merek Foopak. Selain bersertifikasi halal, kemasan produk anti minyak ini juga telah tersertifikasi internasional FDA (Amerika) dan ISEGA (Jerman). APP juga menginisiasi standar halal pada unit bisnis produk tisu multi guna tahun lalu. Sederetan merek yang telah mengantongi sertifikasi halal di antaranya, Pasro, Nice, Joly, Toply, Livi, dan Hyper.

“Sertifikasi halal dan ISEGA ini memudahkan kami ketika ingin masuk pasar internasional. Mengapa ISEGA? Karena standarnya melebihi FDA dari Amerika. Surat-surat ini memudahkan kami dalam menjawab spesifikasi permintaan konsumen dunia,” jelas M. Adjidarmo, Product Development Manager APP.

Hasilnya pun sangat baik. Produk kertas halal APP diserap dengan baik oleh pasar dunia. Citra mengatakan bahwa saat ini, kertas halal APP telah menjawab sekitar 60% kebutuhan kertas Quran untuk percetakan Al-Quran dunia. Unggul dibandingkan para kompetitor yang datang dari Jepang, Korea, dan Perancis.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top