Upaya Bank DBS Indonesia Tanggalkan Kesan Konvensional

marketeers article

Bersama Founders Institute, Bank DBS Indonesia akan mengadakan pelatihan bagi para entrepreneur. Kerjasama ini sejalan dengan fokus dan komitmen transformasi Bank DBS Indonesia dari bank konvensional menjadi bank digital. Selain menjadi sponsor, bentuk partnership yang dijalin oleh Bank DBS Indonesia bersama Founders Institute juga termasuk mentorship bersama beberapa expert dari Bank DBS Indonesia, terutama di bidang inovasi dan digitalisasi.

“Melalui Founders Institute, kami ingin menggandeng para pendiri startups untuk saling berbagi mengenai berbagai trends startups serta ekosistem pendukungnya. Kami berharap, DBS dapat menjadi bagian dan berkontribusi pada perkembangan startups ini melalui berbagai inovasi yang ditawarkan termasuk digibank,” ujar Wawan Salum, Director of Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia.

Sementara itu, Richie Wirjan selaku Director Founders Institute menjelaskan bahwa Founders Institute saat ini telah menciptakan lebih dari 3.100 startup di 70 negara dengan company survival rate 72%. Ia menilai bahwa Founders Institute bersama Bank DBS Indonesia memiliki visi yang sama.

“Bank DBS Indonesia mempunyai visi dan semangat yang serupa dengan Founders Institute untuk terus berorientasi terhadap inovasi dengan mengembangkan kualitas dan ekosistem startups,” kata Richie.

Bank DBS Indonesia memang sedang getol menggarap sektor digital, terutama yang berkaitan dengan inovasi dan wirausaha. Beragam program seperti DBS Accelerator, sebuah program hasil kerjasama DBS Bank (Hong Kong) dan Nest. Bank DBS juga menjalin kerjasama dengan fintech global untuk mengembangkan ekosistem startup, yaitu Kasisto, SoftToken dan local fintech (E2B).

Selain itu, Bank DBS juga mendirkan DBS Innovation Center sebagai wadah bagi 22.000 startup DBS (karyawan DBS) dalam melakukan riset dan pengembangan yang dinamis bagi inovasi, serta sebagai upaya membangun ekosistem start-up secara internal.

Pada Agustus tahun lalu, Bank DBS Indonesia juga telah meluncurkan digibank, platform layanan digital banking. Dalam digibank juga dibenamkan fitur inovatif seperti layanan virtual asistant berteknologi artificial intelligence dan fitur lainnya. Bagi Leonardo Koesmanto, Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia, startup bukan hanya soal inovasi produk tapi juga proses.

“Sebab itu, digibank hadir untuk memberikan kemudahan serta cara baru bertransaksi perbankan bagi para nasabah umumnya serta startup khususnya. Kami berharap, dengan adanya kerjasama sponsorship kami pada Founders Institute ini, kami dapat saling berbagi dengan berbagai startup untuk dapat memberikan inovasi-inovasi terbaru, khususnya dalam bidang fintech,” pungkas Leonardo.

Editor: Sigit Kurniawan

Related