Grapeshot Leaderboard
Government & Public Services

INPAMINDO 2018 Hadir Tingkatkan Kualitas Profesi Pengamanan

Pembukaan INPAMINDO 2018

Profesi Satpam atau satuan pengamanan jarang dipandang sebagai peluang bisnis oleh masyarakat kebanyakan. Hanya segelintir kelompok yang memandang ini sebagai industri yang potensial dan menguntungkan. Melihat pentingnya peran para tim pengamanan di industri ini, asosiasi-asosiasi  industri pengamanan bersama dengan Polri menggelar Hut Satpam ke-37 dan INPAMINDO 2018 dalam bentuk pameran dan seminar yang diperuntukkan kepada praktisi di bidang industri pengamanan. 

Tujuan dari ajang ini adalah untuk meningkatkan kompetensi satpam di lingkungan kerja mereka. Upaya ini perlu dilakukan lantaran industri ini sudah berkembang luas dan derivatifnya pun sangat banyak.

Bahkan beberapa sudah dinaungi oleh asosiasi masing-masing, seperti Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi), Asosiasi Sekuriti Industri Migas (Asim), Asosiasi Perusahaan Jasa Pengolahan Uang Tunai Indonesia (Apjatin), Asia Pasific Security Association Indonesia Chapter (Apsa) dan lain-lain. 

“Jumlah anggota satpam yang terdaftar di Mabes Polri saat ini sekitar 650 ribu orang dari 2200 perusahaan jasa pengamanan. Angka ini di luar satpam yg belum tersertifikasi namun sudah berpakaian satpam, yang biasanya mengisi perumahan,” ujar Budi Rianto, Ketua Umum Abujapi saat pembukaan INPAMINDO 2018 beserta pelaksanaan Hut Satpam ke-37 di JiExpo Kemayoran Jakarta, Jumat (2/2/2018)

Mengangkat tema “Melalui Peningkatan Kompetensi, Kita Wujudkan Profesionalisme Satpam dalam Rangka Menciptakan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja”, INPAMINDO menghadirkan berbagai fungsi pengamanan. Sebuah tema yang panjang yang menekankan perlunya peningkatan kompetensi demi profesionalisme satpam.

Untuk mencapai hal tersebut, ajang ini pun menyajikan beberapa diskusi menarik, seperti Obvitnas dan Terorisme, Kompetensi dan Profesi yang melibatkan Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikalisme (Pakar), Baharkam Polri, BNPT, SKK Migas, Bank Indonesia dan pihak lainnya. 

Diharapkan dengan hadirnya ajang ini, para anggota asosiasi yang merupakan mitra kerja pemerintah dapat memberikan berbagai masukan guna meningkatkan profesionalisme satpam yang merupakan mitra polisi di lingkungan masyarakat dan lingkungan kerja. 

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top