Grapeshot Leaderboard
Lifestyle

Enam Gunung Yang Cocok Untuk Didaki Para Pemula

6 Gunung Yang Cocok Untuk Didaki Para Pemula

Belakangan ini, tren wisata mendaki gunung banyak diminati oleh wisatawan di Indonesia. Tak bisa dipungkiri bahwa film 5 cm yang dirilis beberapa tahun lalu, memotivasi banyak orang untuk naik gunung. Hampir di setiap hari libur nasional atau bahkan saat libur akhir pekan gunung-gunung di Indonesia selalu ramai dikunjungi.

Bagi kamu, seorang pendaki pemula aktivitas ini tentu akan sangat menarik untuk dilakukan. Menikmati pemandangan alam yang masih alami tentu akan jadi pengalaman pelesiran berbeda dari yang pernah kamu lakukan.

Namun, saran kami ada baiknya jangan memaksakan diri untuk mendaki gunung yang masuk kategori sulit. Memulai dari bawah, maksudnya dari gunung yang tidak terlalu tinggi dengan jalur yang terbilang mudah akan jadi pilihan bijak. Selain bisa melatih mental dan tenaga, ada banyak pelajaran yang bisa Anda dapatkan dari pengalaman pertama yang bisa digunakan untuk mendaki gunung selanjutnya.

Berikut daftar gunung di Indonesia yang wajib didaki pemula.

  1. Gunung Andong

Lokasi terletak di Magelang, gunung setinggi 1726 mdpl ini akan sangat cocok untuk pemula seperti kamu. Dengan jarak tempuh hanya 2 jam berjalanan kaki dari basecamp hingga puncak, kamu seperti tidak perlu menginap di atas sana. Tapi, naik gunung tanpa melihat sunrise rasanya sedikit kurang. Pemandangan yang indah dari puncak Gunung Andong menampilkan pesona Sindoro dan Sumbing yang mengapit matahari terbit.

  1. Gunung Penanggungan

Disebut sebagai miniatur Semeru karena puncaknya yang tandus, Gunung Penanggungan akan sangat cocok menjadi pemanasan sebelum menjelajah Semeru sungguhan. Jalur pendakiannya ada dua, yakni  Tamiajeng yang menjadi favorit banyak pendaki dan via Jolotundo dimana kalian bisa menemukan banyak peninggalan sejarah.

  1. Gunung Prau

Sebenarnya gunung ini bernama Prahu, namun wisawatan dan warga setempat sudah terbiasa meleburkan huruf H-nya. Dengan tinggi 2565 mdpl, kamu hanya butuh waktu 3 jam berjalanan kaki menunju puncak. Gunung Prau memang menjadi favorit banyak pendaki pemula karena pemandangan matahari terbit yang tidak ada duanya. Apalagi Prau termasuk salah satu gunung dengan dataran terluas di Indonesia.

  1. Gunung Ijen

Blue fire menjadi hal yang paling diingat banyak orang dari gunung yang berdiri kokoh di Malang. Hanya butuh 2,5 jam untuk mencapai kawah yang masih sangat aktif tempat api biru bersemayam. Anda juga hobi foto? Aktivitas penambang belerang akan menjadi portofolio tambahan yang bagus untuk Anda.

  1. Gunung Sibayak

Seorang teman mengaku sudah berkali-kali main ke Sibayak. Main? Ya, kira-kira semudah itulah mendaki gunung dengan ketinggian mencapai 2212 mdpl. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Kota Medan, hanya 50 km saja. Jalur paling mudah dapat ditempuh selama 2 jam berjalan kaki atau 3-4 jam melewati jalur 54 yang menantang

      6. Gunung Batur

Ya, inilah gunung yang hanya ada di depan tatapan kamu saat mengunjungi Kintamani. Tingginya yang hanya mencapai 1717mdpl hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mencapai puncak. Pastikan kamu sampai ke puncak dan selamat menikmati kaldera indah yang selama ini hanya kamu nikmati dari bawah. Satu lagi, pastikan kamu juga melihat matahari bangun dari tidurnya.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top