Lifestyle & Entertainment

Jaringan Wirusaha Endeavor Berikan 10 Ribu Lapangan Kerja

Endeavor Indonesia merilis temuan terkait pengembangan komunitas entrepreneur di Indonesia. Berdasarkan laporan tersebut, sebanyak 10.100 pekerjaan berkualitas tinggi berhasil diciptakan dari 35 perusahaan yang dijalankan oleh 43 Endeavor Entrepreneurs (EE). Pada 2018, mereka sukses menghasilkan Rp 31,5 Triliun.

Rata-rata, sebuah perusahaan yang ada di portofolio Endeavor, menciptakan 300 pekerjaan dengan laju penciptaan lapangan kerja lima kali lebih cepat dari rata-rata perusahaan pada umumnya. Endeavor telah memfasilitasi lebih dari 2.000 jam pendampingan untuk entrepreneur, serta menyelenggarakan lebih dari 50 acara dengan total hampir 8.000 peserta.

Endeavor telah mendukung lebih dari 1.800 entrepreneur di seluruh dunia, yang mana sebanyak 43 berasal dari Indonesia. Endeavor Entrepreneur ini dipilih  dari ribuan kandidat karena potensi dampak besarnya terhadap transformasi industri, komunitas, bahkan negara.

“Memasuki tahun ke-3 Bukalapak bergabung bersama Endeavor, hal yang paling kami hargai adalah akses terhadap koneksi global dan akses terhadap edukasi. Setelah menjadi Endeavor Indonesia, kami juga memiliki banyak kesempatan untuk berbagi pengalaman dan keahlian kami dengan sebanyak mungkin entrepreneur lainnya, yang mana sejalan dengan misi Bukalapak untuk mengembangkan kewirausahaan,” terang Fajrin Rasyid, co-founder dan Presiden Bukalapak sekaligus Endeavor Entrepreneur Indonesia dalam siaran persnya.

Kewirausahaan menjadi salah satu solusi penciptaan lapangan kerja. Pemerintah Indonesia sendiri telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk menciptakan ekosistem entrepreneur yang lebih kondusif di Indonesia. Berbagai program termasuk mentorship, dukungan dana, dan fasilitasi dari berbagai kementerian dilakukan dalam beberapa tahun terakhir untuk menciptakan iklim bisnis yang lebih baik bagi para entrepreneur. Misalnya, Kementerian Perindustrian memiliki target spesifik untuk menambah 20.000 pengusaha baru pada akhir 2020.

“Kami memulai Endeavor di Indonesia tujuh tahun lalu dengan misi untuk menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi jangka panjang di negara ini. Kami berharap Indonesia akan memiliki entrepreneur yang tidak hanya menyelesaikan masalah di pasar, tetapi juga dapat tumbuh untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi lokal dan penciptaan lapangan kerja,” tutup Harun Hajadi, Chairman Endeavor Indonesia.

Saat ini, telah ada 43 Entrepreneur Endeavor dari Indonesia yang memimpin 35 perusahaan, termasuk Bukalapak, efishery, Kata.ai, Qlue, CRP Group (Upnormal, Nasi Goreng Mafia, etc.), Puyo Desserts, Investree, Female Daily Network, Brodo, The Goods Group, Sorabel, dan lain-lain.

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top