Retail & Property

Alfamart Kembangkan Program Loyalitas ke Ranah Digital

www.123rf.com

Program loyalitas menjadi salah satu cara untuk tetap tumbuh. Seiring perkembangan teknologi, Alfamart pun mengarahkan program loyalitas mereka pada dunia digital. Minimarket ini memiliki aplikasi mobile bernama Alfagift. Lewat aplikasi ini semua informasi keanggotaan, jumlah poin, star, stamp, dan promo yang sedang berlangsung bisa didapatkan konsumen.

“Saat ini kami fokus untuk mengembangkan loyalty program secara digital. Sehingga, semua program-program yang ada selama ini akan terkonsentrasi di Alfagift,” kata Denny Dwi Retnawati, Customer Relation Program Manager Alfamart.

Lewat teknologi digital ini, Alfamart juga mampu mengolah data belanja konsumen. Sehingga, peritel ini bisa memberikan penawaran yang sifatnya lebih customized. “Misalnya, ada konsumen biasa beli beverages, maka diberi penawaran khusus membeli snack. Jadi, secara general kami lakukan, tapi personal juga. Itu semua melalui Alfagift,” tambah Denny.

Melalui aplikasi ini, anggota juga lebih mudah melakukan redeem poin. Alfamart memiliki hari khusus untuk para member menebus poinnya. Namanya hari Senin Hemat atau disebut dengan Sehat. Bila mencukupi, poin bisa ditukarkan dengan barang. Bisa juga untuk menambah pembelian secara tunai. “Saat ini, sekitar 60%-70% member melakukan redeem poin untuk berbagai produk. Sejauh ini,  produk untuk rumah tangga yang terbanyak di-redeem,” jelas Denny.

Setelah ada Alfagift, bisa dikatakan Alfamart mengurangi penerbitan kartu fisik. Setiap anggota baru langsung diarahkan untuk mengunduh aplikasi Alfagift yang sudah ada di Playstore dan App Store. Penerbitan kartu kebanyakan terjadi daerah rural atau kota-kota kecil.

Tahun ini, Alfamart menargetkan pertumbuhan jumlah anggota hingga 8%-10%. Peritel ini memiliki anggota di kisaran 15-20 juta member. Tidak heran bila Alfamart mengejar pertumbuhan anggotanya karena kontribusi member ini cukup signifikan.  “Kontribusi member Kartu Aku Alfamart mencapai 25% dari penjualan. Kami menargetkan bisa meraih 35% pada tahun ini,” tegasnya.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top