Google Year in Search: 2018 Insights for Brands
Consumer Goods

Alibaba Pajang Lima Brand Indonesia Khusus untuk Ajang 11.11

Alibaba Group Holding Limited meluncurkan Paviliun Indonesia di platform Tmall Global. Adanya paviliun khusus ini  bagian dari upaya meningkatkan pemahaman ratusan juta konsumen China tentang produk-produk terbaik Indonesia menjelang 11.11 Global Shopping Festival, pesta belanja satu hari terbesar di dunia yang digelar tiap tanggal 11 November.

Pada tahap awal, paviliun ini akan menghadirkan lima merek makanan dan minuman terkemuka Indonesia. Paviliun ini akan tetap aktif, bahkan setelah festival belanja 11.11 usai, sehingga produk-produk unik dan asli Indonesia lainya memiliki peluang lebih besar untuk memikat konsumen China dalam jangka panjang. Kelima merek yang telah bergabung di Paviliun Indonesia adalah Indomie, Kapal Api, biskuit Richeese, sarang burung walet Yan Ty Ty, dan kerupuk udang Papatonk.

Walaupun merek-merek tersebut sudah melakukan penjualan di China  melalui distributor, mereka memiliki kesempatan untuk meningkatkan pemahaman konsumen terhadap merek tersebut dan penjualan di Tiongkok dengan kehadirannya di paviliun dan 11.11. Paviliun Indonesia tidak hanya menjadi pusat layanan terpadu untuk produk-produk Indonesia tapi juga menjadi pintu untuk konsumen China mempelajari kekayaan budaya dan tujuan wisata Indonesia yang eksotis.

“Peluncuran Paviliun Indonesia adalah langkah penting terhadap kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Alibaba Group dalam hal menyediakan platform e-dagang terbaik bagi produk ekspor Indonesia menjangkau konsumen China,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat China Djauhari Oratmangun.

“Alibaba menunjukkan komitmennya untuk menyediakan platform bagi pelaku usaha Indonesia agar dapat memberikan penawaran berkualitas tinggi kepada konsumen Tiongkok. Kami berharap kesempatan ini dapat mendorong lebih banyak pelaku usaha Indonesia untuk mempelajari dan mengenal lebih jauh, bahkan berpartisipasi pada 11.11. Global Shopping Festival berikutnya,” ujar Ryan Wang, General Manager of Public Affairs, Tmall.

Sebelumnya Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma pernah mengatakan Alibaba hanya bisa memilih satu persen dari 10 juta merek yang telah berjualan di platform e-dagang Alibaba untuk bergabung di 11.11 Global Shopping Festival. Sehingga debut Indonesia di festival belanja ini merupakan kesempatan besar bagi Indonesia untuk belajar mengenai pasar China dan bagaimana pelaku usaha di sana mempersiapkan diri untuk festival belanja ini.

Indonesia merupakan negara terbaru yang hadir di Tmall Global dengan beragam produk uniknya. Negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Jepang, Selandia Baru, Spanyol, dan Amerika Serikat juga telah bergabung dalam Tmall Global. Tmall Global adalah platform dalam Tmall yang didedikasikan untuk membantu merek-merek dan pengusaha ritel internasional agar dapat menjangkau konsumen China tanpa harus memiliki toko operasional di China.

 

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top