AMS 2018 Leaderboard
Automotive

Aman Berkendara di Musim Hujan, Kenapa Tidak?

berkendara di musim hujan

Musim hujan sudah datang. Hampir tiap hari sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan bahkan hingga menyebabkan banjir. Namun bukan berarti banjir menjadi penghalang aktivitas sehari-hari. Kita masih bisa melakukan berbagai kegiatan produktif seperti berkendara di musim hujan sambil tetap memerhatikan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.

Menanggulangi hal tersebut, Garda Oto pun merilis beberapa kiat menjadi pengendara cerdas dan aman berkendara di musim hujan. Pertama, hindari bepergian ke tempat-tempat rawan banjir bila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Jika aktivitas tidak bisa ditunda, carilah jalur alternatif paling aman.

Kedua, agar dapat menjaga jarak pandang dengan baik, pastikan lampu kendaraan tidak rusak. Penglihatan yang terganggu akibat hujan dapat menghalangi jarak pandang saat berkendara di musim hujan. Ketiga, berkendara di cuaca terang sangat berbeda dengan berkendara di musim hujan. Hindari kolong flyover dan underpass, jalan berpohon besar, reklame raksasa, jalan cekung dan genangan air.

Keempat, Jaga jarak aman pengereman, jangan menerobos genangan, dan waspadai gelombang air yang bisa masuk ke dalam ruang mesin. Kelima, derasnya air hujan pasti mengganggu jarak pandang. Namun, apabila volume air hujan terlalu deras sudah pasti jarak pandang semakin pendek dan wiper berpotensi mengalami gangguan. Oleh karena itu, berhentilah terlebih dahulu sampai hujan reda.

Keenam, bila terjebak banjir sedangkan mesin mobil masih hidup dan lantas mogok, segera matikan mesin, cabut accu, dan dorong mobil ke tempat yang aman. Namun, jika mobil tidak memungkinkan untuk dievakuasi saat banjir, segera tutup ujung knalpot, cabut accu, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand. Terakhir, jika mobil sempat terendam banjir, jangan nyalakan mesin terlebih dahulu. Periksa dan pastikan saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, dan pengapian dalam kondisi baik.

Namun, bagaimana jika kendaraan Anda tetap ngadat saat hujan? Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya para pemilik mobil sudah harus memikirkan untuk memiliki asuransi untuk mendapatkan peace of mind sejak sekarang. Tapi bagaimana cara membeli asuransi saat hujan mengguyur dan mengganggu aktivitas? Tak perlu repot, lewat Garda Oto Digital, pemilik mobil kini bisa membeli asuransi tanpa harus kemana-mana. Cukup kunjungi situs gardaoto.com untuk membelinya. Dengan Garda Oto Digital, mendapatkan perlindungan yang menyeluruh kini terasa makin gampang.

Berkat pemanfaatan teknologi, Garda Oto Digital menyajikan beragam kemudahan, seperti kemudahan pemilihan lokasi klaim untuk pemilik mobil yang mager keluar rumah atau kantor. Selain itu, kemudahan antar jemput kendaraan, hingga pemantauan status klaim bisa dilakukan Garda Oto Digital.

Cukup unduh dan pakai aplikasi Garda Mobile Otocare untuk lapor klaim, maka petugas Garda Oto Digital akan mendatangi tempat Anda untuk membawa dan menjemput mobil ke bengkel saat akan diperbaiki, plus perbaikan mobil juga bisa dilihat seperti apa statusnya.

Bahkan melalui Otocare, Anda dapat meminta bantuan jika terjebak kondisi darurat. Tekan saja Garda Akses 1 500 112, maka petugas Garda Siaga siap membantu dan menangani kondisi darurat selama 24 jam tanpa henti. Jadi sekarang tak ada lagi alasan tak bisa beraktivitas saat musim penghujan. Dengan penerapan perilaku aman berkendara dan perlindungan asuransi yang menyeluruh, aktivitas tetap aman meski diguyur hujan. (INFO)

MARKETEERS X

Most Popular








To Top