Consumer Goods

Amazon GO: Model Baru Belanja Ritel

Photo Credits: Amazon

Amazon kembali melakukan inovasi baru dengan mengusung ritel berkonsep Just Walk Out Shopping Experience. Tanpa perlu mengantri dan checkout, para pelanggan Amazon Go dapat berbelanja dengan mudah dan cepat, “No Lines, No Checkout. (No, Seriously)”.

Photo Credits: Amazon

Amazon terus mengembangkan kekuatan teknologi mereka. Kini, Amazon meraba dunia ritel modern dengan menciptakan tren baru dalam berbelanja di toko offline. Mengusung konsep Just Walk Out Shopping Experience, Amazon memungkinkan pelanggan mengambil produk yang mereka beli tanpa perlu mengantri untuk membayar. Tak hanya itu, produk yang dipilih pelanggan pun tidak perlu diperiksa saat mereka keluar dari toko. Setelah mengambil produk, pelanggan bisa langsung meninggalkan toko Amazon GO.

Photo Credits: Amazon

Dilansir dari Amazon.com, pelanggan Amazon GO hanya perlu memiliki akun Amazon, aplikasi Amazon GO, dan generasi smartphone terbaru. Ketika pelanggan tiba untuk berbelanja, mereka hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut untuk dapat masuk ke dalam toko. Setelah itu, pelanggan dapat dengan bebas meletakkan smartphone mereka di manapun.

Secara otomatis, aplikasi ini akan menangkap sinyal dari produk apa yang diambil atau dikembalikan pelanggan ke rak-rak yang ada. Usai mengambil produk yang diinginkan, pelanggan pun dapat langsung meninggalkan toko.

Photo Credits: Amazon

Meski tidak menggunakan tenaga Sumber Daya Manusia sebagai kasir, pelanggan masih dapat menemui sejumlah pekerja yang berada di belakang dapur. Para chef , bakeries, dan koki lokal bekerja ditempat ini untuk menyajikan ragam menu ready-to-eat bagi para pelanggan. Jadi, ada integrasi online dan offline di Amazon GO.

Saat ini, Amazon GO telah hadir di Seattle, Amerika Serikat. Dengan mengunduh aplikasi Amazon GO di Apple App Store, Google Play, dan Amazon Appstore. Bagaimana pendapat Anda tentang model ritel modern dari Amazon ini?

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top