Mshop-leaderboard-mobile
Finance

Presiden IMA: AMS Munculkan Rasa Optimisme Pelaku Bisnis ASEAN

Potensi bisnis asean
De Jong Adrian, Presiden IMA

Ajang Asean Marketing Summit (AMS) 2017 diharapkan bisa membawa kolaborasi dan sinergi yang membawa kemajuan untuk regional Asean. Menurut De Yong Adrian, Direktur Pemasaran Asuransi Jiwasraya sekaligus Presiden Indonesia Marketing Association (IMA), Asean merupakan regional yang pertumbuhannya positif dibanding dengan kawasan regional lainnya.

“Bila kita optimalkan potensi pasar Asean, hampir semua komoditi dan jasa bisa dikembangkan,” jelas De Yong di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Ia menambahkan bahwasanya pengalaman yang terjadi selama ini bisa menjadi ajang tukar pikiran yang menjadi sinergi antar kawasan di Asean. Baginya ada beberapa pengalaman pelaku bisnis di Asean yang sulit dijelaskan secara teori marketing. Dengan pengalaman yang terjadi di sesama pelaku bisa menyelesaikan beragam masalah yang selama ini dihadapi oleh para pelaku.

“Akibatnya ada pelaku yang tadinya tidak siap, menjadi siap. Tentunya ini bagus untuk menumbuhkan rasa optimistis di setiap pelaku industri,” tambah De Yong.

De Yong mencontohkan setelah ajang ini segera dilakukan sinergi antar pelaku di beberapa sektor. Di asuransi misalnya ia mencontohkan ada kapasitas yang tidak bisa dilakukan oleh salah satu pelaku namun berkat sinergi bisa mengatasi beragam risiko yang ada.

“Dengan interkoneksi bisa menjadi kolaborasi yang menjembatani karena memiliki sarana yang sama dan bisa memberikan manfaat yang sama-sama tumbuh,” pungkas De Yong.

Most Popular








To Top