Lifestyle & Entertainment

Apa Kata Netizen Jelang Liburan Akhir Tahun?

Photo Credits: 123rf

Media sosial menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengguna internet (netizen) dalam menyuarakan pendapat mereka, bertukar pikiran, atau mencari informasi seputar liburan akhir tahun. Hal ini dapat menjadi celah potensial yang dapat dimanfaatkan brand untuk meraup keuntungan di momen ini.

Berikut ini Marketeers merangkup deretan tren yang ditemukan Isentia, sebuah perusahaan media intelligence seputar perbincangan yang dilakukan para netizen sepanjang 1 Juli-10 Desember 2018.

Isentia menemukan terdapat total 2.322 buzz terkait liburan akhir tahun. Hampir setengah dari perbincangan tersebut berlangsung di Twitter (48%), diikuti Instagram (37%), Facebook (12%), blog dan forum (3%).

“Dari pemantauan ini, kami menemukan bahwa ternyata netizen sudah mulai memperbincangkan seputar liburan akhir tahun sejak bulan Juli,” Insight Manager Isentia Indonesia Rendy Ezra di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Tercatat volume buzz tertinggi terjadi pada tujuh Desember, di mana berbagai brand sudah memulai mempromosikan program atau kampanye Natal dan akhir tahun.

Bank Mandiri menjadi brand yang paling banyak disebut (7,1%). Hal ini dijelaskan Rendy tak lepas dari kolaborasi Mandiri perihal liburan akhir tahun dengan berbagai brand lain, seperti Garuda Indonesia, Wacoal, dan Tumi.

Sementara, untuk destinasi liburan domestik, Bali menjadi pilihan yang paling banyak diperbincangkan netizen (52,5%) dari total buzz, disusul Bandung (12,2%), Lombok (8,9%), Yogyakarta (7,4%), dan Lampung (2,7%).

Perihal lima destinasi internasional yang paling diperbincangkan, Singapura berada dalam urutan negara tujuan teratas dengan jumlah 108 buzz, dilikuti Amerika Serikat (64 buzz), Eropa (59 buzz), Jepang (53 buzz), dan Korea Selatan (51 buzz).

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top