Industry

Apakah Menyenangkan Berbelanja di Traveloka?

Berdasarkan riset Consumer Barometer yang diadakan oleh Google bekerjasama dengan Taylor Nelson Sofres (TNS) mengungkapkan dalam melakukan pembelian online, 24% orang Indonesia terakhir kali yang dibeli adalah tiket pesawat. Hal ini menunjukkan bahwa Online Travel Agent (OTA) memiliki peluang yang besar untuk terus mengembangkan bisnis ini. Salah satu pemain di industri yang sedang berkembang ini adalah Traveloka.

“Industri travel online ini masih pada early stage. Jika perilaku konsumen pembelian online di Indonesia bisa menyamai Malaysia, yaitu pembelian tiket pesawat online mencapai 86%, maka pertumbuhan industri travel ini bisa tumbuh tiga hingga empat kali lipat,” ujar Dannis Muhammad, Head of Marketing Traveloka kepada Marketeers di Jakarta, Kamis (5/5/2015).

Beberapa negara, lanjut Dannis, tren belanja online memang lebih banyak pada pembelian tiket pesawat, lalu hotel, dan kemudian pakaian. Di Indonesia, berdasarkan riset Google, 12% responden memilih hotel melalui online. Hal ini cukup beralasan, biasanya mereka lebih mengutamakan membeli tiket pesawat dahulu, baru menentukan hotel mana yang akan mereka pesan.

Seperti diketahui, banyak OTA yang menawarkan berbagai keunggulan. Namun, Traveloka tidak terlalu fokus pada kompetisi dengan kompetitor. Traveloka lebih menekankan untuk memberikan pengalaman yang terbaik kepada konsumen yang mengakses Traveloka melalui ponsel atau komputer mereka. Sejauh ini, trafik Traveloka lebih banyak berasal dari ponsel dibandingkan komputer. Namun, untuk pembelian tiket, lebih banyak pengguna yang menggunakan komputer.

“Jadi, tidak semua yang mengakses Traveloka melalui mobile phone akan melakukan pembelian. Hal ini bisa jadi karena mereka mengalami kesulitan dalam menginput. Maka, kami fokus untuk memberikan value kepada pengguna mobile phone dengan sebaik-baiknya karena hal ini merupakan sebuah investasi jangka panjang,” tambah Dannis.

Traveloka dalam website-nya berusaha memberikan informasi-informasi yang mudah dimengerti. Selain itu, Traveloka harus reliability. Traveloka harus dapat diandalkan dari sisi harga dan layanan. Jadi, ketika konsumen mengalami masalah, Traveloka tetap hadir membantu mengatasi masalah yang mereka hadapi. Selain itu, Traveloka juga menghadirkan aplikasi Traveloka yang diluncurkan Agustus 2014 untuk menghadirkan pengalaman menyenangkan dalam berbelanja tiket pesawat dan hotel online.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top