Lifestyle & Entertainment

Aplikasi Gaming di YouTube Resmi Tutup

Sumber: 123rf

YouTube memperkenalkan aplikasi terpisah yang didedikasikan untuk game dan para pecinta game menemukan lebih banyak video, yakni YouTube Gaming pada tahun 2015. Tiga tahun berselang, mereka mengumumkan akan menutup aplikasi tersebut. Namun praktiknya, penutupan itu baru dilakukan pada tahun ini. Tetapi, mereka memiliki rencana lain yaitu memasukkan ide-ide terbaik lainnya ke situs utama mereka.

Di situs utama mereka, YouTube Gaming akan hadir di tab sebelah kiri seperti destinasi yang tren. Mulai sekarang, youtube.com/gaming akan menampilkan konten yang dipersonalisasi di bagian atas halaman, termasuk unggahan baru dan streaming langsung dari saluran berlangganan, serta area untuk video favorit. Keputusan YouTube untuk menutup aplikasi sendiri merupakan bentuk dari kepedulian lebih mereka agar penggemar game dapat lebih fokus mendapatkan layanan.

Dilansir dari The Verge, YouTube diketahui memiliki 200 juta pengguna harian yang tertarik dengan konten game. Tetapi, kebanyakan dari mereka tidak menggunakan aplikasi yang khusus diciptakan untuk kebutuhan mereka tersebut.  “Ada kebingungan dengan kehadiran aplikasi YouTube Gaming ini,” ujar Direktur Konten Gaming YouTube Ryan Wyatt.

Hal tersebut diperparah dengan minimnya adopsi pembaruan aplikasi dari para pengguna. Dengan demikian, tidak banyak yang mengetahui adanya pembaruan yang terus dilakukan tim pengembang. Contohnya, kehadiran tema gelap serta keanggotaan kanal yang tidak banyak digunakan.

“Ketika kami meluncurkan aplikasi, banyak yang berpikir bahwa ini hanya untuk pengalaman streaming secara langsung. Karena itu, kami ingin lebih menunjukkan kami menaruh perhatian lebih pada game,” tambah Wyatt.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top