Consumer Goods

Apple Segera Pindahkan Pabrik Mac Pro ke Tiongkok

Sumber: 123rf

Apple akan memindahkan lokasi produksi komputer meja Mac Pro ke Tiongkok. Sebelumnya, Mac Pro merupakan satu-satunya produk mayor dari Apple yang diproduksi di Amerika Serikat, tepatnya di Texas.  Dilaporkan oleh The Wall Street Journal, Apple telah memilih kontraktor asal Taiwan, Quanta Computer Inc. untuk memproduksi Mac Pro. Lokasi pabrik mengambil kawasan di daerah Shanghai.

Mac Pro merupakan produk premium milik Apple dengan cakupan pasar yang luas, namun tidak bernilai tinggi. Meskipun begitu, perpindahan ini tetap berpengaruh besar mengingat perang dagang Tiongkok-Amerika Serikat yang sedang memanas.

WSJ mengatakan bahwa aksi ini menjadi bentuk protes Apple atas aturan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memaksa merek lokal untuk melakukan produksi di dalam negeri. Namun, pihak Apple melihat hal ini sebagai penekan keuntungan mengingat tarif produksi di Amerika Serikat yang tinggi dibanding dengan negara-negara Asia seperti Tiongkok, Taiwan, dan Hongkong.

Meskipun begitu, rencana Apple memindahkan pabriknya ke Tiongkok akan menjadi tantangan bagi brand AS tersebut. Apple diperkirakan bisa kehilangan pasar di negeri sendiri mengingat aturan Trump meningkatkan tarif impor dari Tiongkok. Mengakibatkan akan semakin meningkatkan harga produk Mac Pro di pasar Amerika Serikat.

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top