Lifestyle & Entertainment

Artis Indi Tak Diizinkan Lagi Unggah Musik di Spotify

Sumber: 123RF

Spotify Technology resmi menutup akses program yang mengizinkan artis independen (indi) mengunggah musik secara langsung di layanan musik streaming. Menurut rilis blog resmi Spotify pada Senin (01/07/2019), aturan ini berlaku sejak pembaruan per Juli 2019.

Dilansir dari Bloomberg, pembaruan ini mengharuskan para artis untuk memiliki studio atau label rekaman yang mendaftar ke Spotify. Artis yang sudah terlanjur memiliki laman pun harus rela memindahkan kontennya ke aplikasi lain karena akan dihapus secara otomatis oleh pihak Spotify.

Program pengunggahan musik bagi artis independen di Spotify pertama kali dipublikasikan pada tahun 2018 lalu. Awalnya, program ini diinisiasi untuk mendukung artis yang tidak memiliki label rekaman besar dan menjadi sumber pendapatan dari royalti yang diberikan oleh Spotify.

Diluncurkannya program ini juga menjadi alat bagi Spotify untuk merangkul pendengar musik yang lebih luas. Terlebih, beberapa label rekaman besar menolak untuk bekerja sama yang menyebabkan layanan musik streaming ini kehilangan konten yang mengakibatkan pada penurunan pendapatan.

Sementara itu, ditutupnya program ini menurut Spotify terjadi karena negosiasi yang kompleks antara Spotify dan sejumlah label rekaman besar.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top