MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Retail & Property

Bagaimana CRM Bantu Penjualan Sepatu Bata?

Capillary Technologies, perusahaan layanan CRM (Customer Relationship Management) asal Singapura ditunjuk sebagai mitra strategis Bata, sebuah merek sepatu asal Cheko. Kemitraan ini akan membantu Bata memperkuat strategi CRM omnichannel mereka di Filipina dan Vietnam.

Di luar dua pasar ini, selama lebih dari tiga tahun, Capillary telah bertindak sebagai mitra CRM Bata di enam negara di kawasan Asia termasuk Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, India, Bangladesh dan juga tiga negara di kawasan Afrika – Kenya, Zambia, dan Zimbabwe.

Capillary akan memperkuat program loyalitas Bata, mengembangkan personalisasi kampanye omnichannel, dan melakukan analisis konsumen dan bisnis yang mendalam di lebih dari 2.000 toko di seluruh pasar di kawasan ini. Dengan tujuan menyediakan platform CRM terpadu pada semua pasarnya, Bata akan memulai rencana pengembangan CRMnya di Filipina dan Vietnam pada paruh kedua tahun 2018.

“Untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, penting menemukan cara berbaur dengan konsumen di berbagai saluran dan touchpoints yang mereka gunakan dalam berbelanja,” ujar Roberto Longo, President, Asia Pacific Bata.

Dengan kerja sama ini, Bata mengklaim telah meraih hasil 2,2 kali lebih tinggi dari targeted campaign (kampanye yang ditargetkan) yang dilakukan di Singapura. Itu setara dengan 57 kali dari Return On Investment (ROI) dengan kampanye Bata di Facebook Malaysia.

Di pasar lain, Bata juga telah mengalami peningkatan ROI sebesar 10 kali lipat dari keseluruhan investasi CRM-nya. Bata telah dinobatkan sebagai penggunaan analitik terbaik dan juga untuk program CRM dan loyalitas mereka di Singapura dan Malaysia secara berturut-turut pada tahun 2018.

“Kami tidak ingin sekedar menjadi sebuah merek sepatu seperti merek-merek sepatu lainnya bagi konsumen kami. Sebuah merek sepatu yang mungkin hanya sekali mereka beli,” terangnya.

Sebaliknya, Bata mengaku ingin membangun hubungan yang dekat dengan pelanggan dan menjadi bagian dari kehidupan mereka. Melalui CRM yang didukung insight dan omnichannel engagement, pihaknya percaya telah menambah jumlah pelanggan tetap.

Di Asia Tenggara, Capillary telah memiliki 14 juta pelanggan dan lebih dari 1.400 toko yang aktif di platform-nya, termasuk Mitra10, Bata, Farmasi Caring, TungLok Group, dan McDonald’s.

Capillary Technologies baru saja mendapatkan putaran pendanaan senilai US$ 20 juta dari investor blue chip yait, Warburg Pincus dan Sequoia Capital. Perusahaan ini juga berencana mengalokasikan dana tersebut untuk memperkuat kehadirannya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, setelah mencapai pertumbuhan tiga kali lipat di wilayah tersebut.

Editor: Sigit Kurniawan n

MARKETEERS X

Most Popular








To Top