AMS 2018 Leaderboard
Retail & Property

Bagaimana Mal Mewah Plaza Indonesia Mengemas 17an?

Photo Credit: Plaza Indonesia

Selain Asian Games, Agustus menjadi momen special karena pada bulan ini, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, tepatnya pada 17 Agustus 1945. Pusat belanja premium Plaza Indonesia terus melakukan agenda seasonal marketing dengan menggelar kegiatan bertema budaya.

Mal berusia 28 tahun itu merayakan hari jadi Indonesia ke-73 denga tema sederhana I Love Indonesia. Beragam program bazar makanan tradisional dan kesenian untuk dihelat di mal seluas 38.000 m2 itu. Plaza Indonesia pun turut menggadeng DBS Bank sebagai mitra sponsor yang tengah meningkatkan penetrasi nasabah konsumernya di tanah air.

Zamri Mamat, General Manager Marketing & Communications PT Plaza Indonesia Realty Tbk menjelaskan tahun ini adalah kedua kalinya PI menggelar program Indonesia food & Art Festival yang menampilkan kuliner lokal otentik dan karya-karya seni lintas generasi.

“Kami berkolaborasi dengan seniman dan komunitas yang memiliki fokus melestarikan budaya bangsa. Ini adalah bentuk edukasi masyarakat tentang seni budaya yang menjadi kekuatan dan keunikan Indonesia. Ini sejalan dengan posisi kami sebagai mal high-end kebanggan Indonesia,” kata dia saat seremoni acara di La Moda, Plaza Indonesia beberpa waktu lalu.

Program Indonesia Food & Art Festival menghadirkan dua kegiatan utama, yaitu Cita Rasa Indonesia Feast yang bekerjasama dengan 53 outlet ritel makanan-minuman baik yang dari dalam maupun luar mal tersebut. Kedua, Energi Seni Fine Art Exhibition, sebuah kolaborasi kelompok seni yang menampilkan karya seni rupa seniman Indonesia lintas era.

Cita Rasa Indonesia Feast berlangsung dari 1-31 Agustus yang bekerjasama dengan 53 outlet f&B untuk mengkreasikan signature dish mereka bertemakan menu khas nusantara. Beberapa f&b outlet yang terlibat dan sajian kulinernya adalah Sari Ratu dengan Pao Rendang, Ita-suki melalui sauted Chicken with dry chilly in Mantau, AMKC Atelier lewat menu indonesian herbs & spicies roasted chicken, serta Bistro Baron melalui nasi bakul pete udang bakar, sop buntut dan sawarma.

Stella Kohdong, General Manager Tenant Commercial Relations, Customer Service, & SOA PT Plaza Indonesia Realty Tbk menyampaikan, kuliner saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Tren kuliner terus berkembang dan melahirkan inovasi produk kreasi dari pelaku industri kuliner. Hal inilah yang juga membantu mendongkrak kunjungan pelanggan ke pusat belanja.

“Pergerakan Industri kuliner Indonesia saat ini tentunya dapat memberikan dampak positif baik dari sisi industri, ekonomi, juga termasuk budaya kuliner itu sendiri,” komentar dia.

Energi Seni Fine Art Exhibition

Energi Seni Fine Art Exhibition merupakan bagian dari rangkaian program Indonesia Food & Art Festival yang berlangsung dan dibuka untuk umum mulai 13-19 Agustus di Function Hall, Level 2. Pembukaan festival seni itu menghadirkan puluhan karya seniman Indonesia lintas generasi, salah satunya Bambang Heras Bersedia.

Terdapat berbagai kegiatan seperti Art Talk yang diselenggarakan pada 14 Agustus bersama seniman Djoko Pekik, Putu Sutawijaya, dan Suwarno Wisetrotomo. Sedangkan Art Workshop bakal berlangsung pada 15 Agustus bersama seniman Indra Dodi, Afdhal, dan Erianto.

Di sisi lain, Plaza Indonesia Extension, area khusus yang didedikasikan untuk millennials, membuat pameran seni Millennials Dopamine Art Corner dengan menggandeng seniman muda Tempa & Rato Tanggela. Acara itu berlangsung dari 3-31 Agustus. Pada 10-31 Agustus juga diadakan Jakarta Rumahku 2018 Exhibition, sebuah kolaborasi deam kelompok seniman muda RIOP Photography & Instalation.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top