Opinion

Bangun Rasa Percaya Dahulu, Profit Akan Datang Kemudian

Bangun Rasa Percaya Dahulu, Profit Akan Datang Kemudian WhatsApp-Image-2016-12-07-at-18.34.25

Banyak pelaku bisnis yang bermimpi untuk bisa melakukan ekspansi bisnis di negara lain. Namun, beberapa kendala masih menghantui para pelaku bisnis, salah satunya adalah kurang pemahaman terkait dengan budaya dari negara tujuan.

Menurut Celeny Da Silva selaku Founder dan CEO dari Market Maker, para pelaku usaha di kawasan Asia Tenggara memiliki keuntungan dibanding regional lainnya. WIlayah yang mudah dijangkau serta kebiasaan dan budaya yang tidak jauh berbeda menjadi keuntungan khusus bagi para pelaku bisnis di Asia Tenggara untuk ekspansi bisnis.

“Coba untuk berpergian ke berbagai negara. Pelajari budayanya dan pahami bagaimana lanskap bisnis yang ada di dalamnya,” ujar Celeny dalam acara Kellogg Innovation Network (KIN) ASEAN 2016 di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Selain itu, Celeny menilai bila hal ini diterapkan bisa membuat kawasan Asean lebih maju dibanding kawasan lainnya. Celeny juga menegaskan pentingnya untuk membangun rasa percaya di antara sesama pelaku bisnis. Baginya, para pelaku usaha jangan selalu berpikir profit ketika berencana membangun bisnis di negara lain.

“Hubungan dan rasa percaya itu amat penting. Setelah itu, uang dan keuntungan akan menyusul,” pungkas Celeny.

Editor: Sigit Kurniawan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular








To Top