Mshop-leaderboard-mobile
Finance

Bank Bukopin Dorong Perkembangan Startup Fintech

Bank Bukopin Dorong Perkembangan Startup Fintech 41341475_xxl

Startup financial technology (fintech) semakin banyak bermunculan di Indonesia. Perusahaan rintisan tersebut bukan hanya memberikan layanan dari sisi pendanaan, tapi juga pembayaran, investasi, perencanaan keuangan, pembanding produk keuangan, hingga riset keuangan.

Menjamurnya fintech di Indonesia kerap dianggap sebagai ancaman bagi perbankan. Padahal, perbankan dapat bersinergi dengan fintech startup agar dapat memberikan solusi inovatif untuk mendorong ekosistem yang berkelanjutan. Hal ini ditekankan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara.

“Orang lebih suka fintech dibanding perbankan. Hal ini karena meminjam di fintech prosesnya lebih cepat dibandingkan bank. Meski bunga fintech lebih tinggi, namun ada kepastian pinjaman. Nah, daripada digerogoti fintech, lebih baik perbankan berkolaborasi,” kata Rudiantara dalam peluncuran BNVLabs di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Melihat tren ini, Bank Bukopin mengambil langkah untuk mendorong fintech demi kemajuan bersama . Dalam hal ini, Bank Bukopin hadir untuk menjadi pendukung utama Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

“Kami menyiapkan diri di berbagai lini untuk memanfaatkan berbagai peluang dan kesempatan untuk menciptakan lebih banyak pelaku fintech yang mampu memberikan solusi untuk Indonesia,” kata Direktur Utama Bank Bukopin, Glen Glenardi.

Yansen Kamto, Chief Executive Kibar selaku penggagas Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital mengatakan kolaborasi ini diharapkan dapat saling bersinergi dan memberi dampak besar terhadap ekonomi digital di Indonesia. “Kerja sama Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital dan Bank Bukopin merupakan langkah strategis untuk membantu startup digital khususnya di bidang fintech agar dapat tumbuh subur,” kata Yansen.

Kolaborasi Bank Bukopin dengan Kibar tidak hanya ditunjukkan dalam dukungan di Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital saja, namun juga dalam membangun BNVLabs. BNVLabs adalah sebuah inkubator yang akan mendorong berkembangnya ekosistem fintech di Indonesia. BNVLabs juga menyediakan ruang eksperimen yang menjadi katalis bagi para startup founder, kreator, dan kolaborator untuk bekerja sama menciptakan solusi di bidang finansial.

Untuk mendorong transformasi, BNVLabs akan berfokus pada tiga elemen utama, yaitu People, Program, dan Place. Dari sisi People, BNVLabs akan membangun tim inovasi untuk mendorong transformasi internal dan menghubungkan Bank Bukopin dengan para pelaku yang memiliki kesamaan visi.

Sementara dari sisi Program, BNVLabs menjalankan program inkubasi startup dengan fokus utama untuk mengintegrasikan solusi digital yang dapat memaksimalkan sistem perbankan yang sudah berjalan saat ini. Dari sisi Place, BNVLabs mendirikan coworking space sebagai wadah untuk berkolaborasi bagi orang-orang dari berbagai bidang.

 

Editor: Eko Adiwauyo

Most Popular








To Top