Finance

Bank OCBC NISP Ajak Mahasiswa Mikirin Industri Perbankan di IdeatiON

Peluncuran IdeatiON 2019 Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP tidak ingin ketinggalan bergerak di ekosistem digital Indonesia. Jika banyak pemain dari lintas industri yang menyediakan platform adu ide anak muda, Bank OCBC NISP juga punya platform serupa bertajuk IdeatiON 2019.

Diluncurkan sejak tahun 2018, IdeatiON merupakan ajang bagi anak muda, khususnya mahasiswa untuk memamerkan ide inovatifnya bagi industri perbankan Tanah Air. Tahun ini, IdeatiON mengambil tema Banking for Better Indonesia.

Melalui program ini, Bank OCBC NISP ingin mengajak masyarakat yakni mahasiswa untuk terlibat dalam membantu transformasi industri perbankan agar tetap relevan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.

“Sesuai dengan brand essence kami, yakni mutual growth driven by knowledge, kami ingin tumbuh bersama masyarakat dengan berbagi pengetahuan melalui solusi produk, layanan, dan inisiatif yang kami hadirkan,” ujar Julie Anwar, Head of Human Capital Bank OCBC NISP saat konferensi pers di kantornya di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Di dalamnya, Bank OCBC NISP membuat suatu workshop agar mahasiswa dapat melakukan validasi idenya, membuat prototipe, hingga bisa menjual idenya tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan berbagai pelatihan untuk mewujudkan ide tersebut. Julie melihat ide mahasiwa di negeri ini sangat banyak dengan tingkat kreativitas yang tinggi.

“Workshop di atas kami berikan selama dua hari. Di sini, kami dibantu oleh business consultant yang juga ahli di bidang IT untuk membantu mengembangkan ide mahasiswa tersebut,” tambah Julie.

Sepakat dengan apa yang dilakukan IdeatiON, Founder & Chief Executive Daily Social Rama Mamuaya mengatakan bahwa pembimbingan awal bagi startup itu mutlak dibutuhkan.

“Hampir 95% startup di Indonesia mati sebelum berumur dua tahun. Melakukan start di awal adalah hal yang sulit, ketika mereka keluar dari zona nyaman, hingga melakukan monetisasi. Jadi, pembimbingan soal market research pun penting diberikan,” ujar Rama.

Bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan idenya ke IdeatiON 2019, bisa mengunggahnya dalam format video ke channel YouTube dan mendaftarkannya ke www.ocbcnisp.com/IdeatiON mulai 7 Januari hingga 25 Maret 2019. Peserta yang terpilih akan mengikuti program Prototyping Workshop pada 10-11 April 2019. Pada puncak program, para finalis akan melakukan Final Presentation untuk memperebutkan hadiah senilai total Rp 100 juta dan kesempatan mengikuti International Banking Forum serta berkunjung ke The Open Vault OCBC Group.

“Para finalis pun kami berikan kesempatan untuk magang di Bank OCBC NISP untuk mengenal dan belajar langsung dunia perbankan. Sebagai entitas bisnis, kami berharap ide-ide mereka ini bisa menjadi rujukan bagi kami dalam mengembangkan produk, layanan, fitur dan hal lainnya di industri ini,” tutup Julie.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top