Retail & Property

Habis Pemilu, Banyak Milenial Berniat ‘Minggat’ dari Rumah Orang Tua

Usai pemilihan umum pada 17 April lalu, memberikan rasa optimistis pada industri properti. Mengacu pada hasil riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019, Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan menjelaskan bahwa berdasarkan rentang usia pembeli properti, generasi milenial menjadi responden yang paling antusias untuk membeli rumah dalam enam bulan ke depan.

“Preferensi mereka adalah kisaran harga menengah dan dekat dengan transportasi umum. Namun demikian, generasi milenial masih belum memiliki perencanaan yang matang dalam rencana membeli rumah,” terang Ike.

Survei Rumah.com  juga menunjukkan responden dengan rentang usia 28-30 tahun adalah yang paling banyak memiliki rencana untuk mulai tinggal sendiri dan pindah dari rumah orangtua mereka. “Generasi milenial yang berencana keluar dari rumah orang tua dalam enam bulan ke depan, tidak semuanya serta-merta membeli rumah. 25% diantaranya memilih untuk mengontrak daripada membeli rumah sendiri,” kata Ike.

Melihat data yang ada, nampaknya minat dan keinginan generasi milenial untuk hidup terpisah dari orangtua dan mandiri cukup tinggi, namun belum semua diiringi kemampuan dan kemauan untuk membeli rumah. Mereka harus diyakinkan agar sedini mungkin, kalangan muda harus mempersiapkan keuangannya untuk membeli rumah.

Ike memproyeksikan akan adanya peningkatan transaksi pembelian properti khususnya para konsumen KPR pada kuartal ketiga 2019 nanti. Pengguna KPR baru akan naik pasca-Pemilu, bulan Ramadhan serta Idul Fitri dan tahun ajaran baru sekolah karena masyarakat cenderung akan lebih memprioritaskan dana untuk penggunaan yang konsumtif.

“Semakin membaiknya pasar properti di kuartal ketiga 2019 menunjukkan bahwa berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah memang membawa dampak positif terhadap pasar. Hal ini menunjukkan bahwa program-program pelonggaran LTV (Loan to Value), serta model pembiayaan lainnya berdampak positif pada perkembangan properti di tanah air,”  tutup Ike.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top