Technology

Banyak Perusahaan Indonesia Yakin Transformasi Digital Mereka Sangat Baik

Riset Disruptive Decision Making oleh Telstra mengungkapkan tingkat kepercayaan tinggi dari pemimpin bisnis di Indonesia dalam kemajuan transformasi digital yang telah dicapai, dengan responden survei menempatkan Indonesia di urutan ketiga secara global.

Lebih dari seperempat (26%) dari pemimpin bisnis di Indonesia menggambarkan perusahaan mereka ‘sangat matang’ secara digital, dibandingkan dengan rata-rata 21% secara global. Sekitar 27% pemimpin bisnis di Indonesia juga mengemukakan organisasi mereka telah membuat keputusan transformasi digital sangat baik, di atas rata-rata global (23%).

President Director Telkomtelstra Erik Meijer mengatakan ada peluang dan tantangan dalam optimisme menyikapi transformasi digital di Indonesia. Ketika pesatnya perkembangan digital berakselerasi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, cara perusahaan Indonesia bertindak menjadi sangat penting bagi masa depan mereka.

“Transformasi digital merupakan suatu keharusan. Karena itu, diskusi telah bergeser dari ‘mengapa’ digitalisasi itu penting, ke ‘bagaimana’ itu bisa dilaksanakan dengan sukses,” kata Erik di Jakarta, Senin (27/5/2019)

Menurut Erik, tingginya optimisme para pemimpin bisnis di Indonesia akan mendorong investasi dan keterlibatan perusahaan untuk program-program penting transformasi digital. Namun, kepercayaan ini harus diimbangi dengan realitas ekosistem digital Indonesia.

Tingginya optimisme dan harapan para pemimpin bisnis di Indonesia tercermin dalam penelitian Telstra. Lebih dari sepertiga (33%) perusahaan lokal di Indonesia telah menginvestasikan lebih dari US$ 500.000 dalam produk dan layanan transformasi digital selama setahun terakhir. Sementara hampir satu dari 10 (8%) perusahaan Indonesia menghabiskan investasi lebih dari US$ 5 juta.

Optimisme para pemimpin bisnis di Indonesia juga tercermin dari ekspektasi peningkatan investasi transformasi digital ke depan. Penelitian Telstra menemukan bahwa empat dari sepuluh (40%) perusahaan di Indonesia mengharapkan total pengeluaran perusahaan untuk transformasi digital meningkat lebih dari 10% dalam tiga tahun ke depan, di atas level global (32%).

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top