Opinion

Banyak UKM Belum Melek e-Commerce

Banyak UKM Belum Melek e Commerce Foto-3-1

Pemerintah meyakini UKM memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Ahmad Zabadi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Kanal digital melalui marketplace, sambung Zabadi, mampu membuat UKM semakin mudah untuk memasarkan produknya.

“UKM Indonesia menjadi tulang punggung bagi perekonomian Indonesia. Usaha pemerintah untuk Indonesia Negara Digital se-ASEAN pada tahun 2020 harus didukung UKM Indonesia. Namun secara bertahap para UKM di Indonesia harus dapat terus semangat untuk mengembangkan pemasarannya dengan lebih kreatif. Para UKM ini bisa memanfaatkan platform digital seperti online marketplace di Indonesia sebagai salah satu wadah untuk pengembangan pemasaran,” ujarnya di Jakarta, Senin (28/11/2016).

Ahmad menambahkan saat ini UKM digital di Indonesia belum mencapai target yang maksimal dan masih banyak pelaku-pelaku bisnis dan para UKM yang belum memanfaatkan platform digital ataupun melek digital. Banyak UKM di Indonesia yang masih harus dibimbing dan diberi edukasi untuk menghadapi berbagai tantangan seperti peningkatan kapasitas, akses modal dan pendanaan alternatif dan juga akses teknologi.

Pemerintah harus terus berupaya untuk memberi dukungan secara berkelanjutan bagi para UKM-UKM di Indonesia agar misi untuk menjadikan Indonesia negara eknonomi digital se-Asia tenggara pada tahun 2020 dapat terwujud.

Salah satu cara agar para UKM ini bisa percaya diri bisa turut serta dalam komunitas-komunitas UKM. Menurut Nining I Soesilo selaku Founder dan Pembina UKM Center Universitas Indonesia rangkulan komunitas dapat memberi semangat dan rasa kebersamaan untuk para pelaku UKM.

“Para UKM di Indonesia harus merasa semangat dalam melakukan bisnis mereka. Menjadi anggota komunitas dapat mendorong dan memberi motivasi yang lebih untuk mereka. Saya juga memiliki misi untuk mencapai Sustainable Development Goals. Salah satunya, membuat pemberantasan kemiskinan bisa diwujudkan lebih cepat dengan cara memberdayakan lebih banyak masyarakat melalui sektor UKM,” jelas Nining.

Nining menilai bahwa UKM di Indonesia masih memiliki potensi yang besar dan bila dirangkul dan didukung lebih lagi, para pelaku UKM yang belum melek digital dapat mengenal online marketplace dan yang sudah ada dan dapat berkembang.

Salah satu marketplace asal Indonesia, Bukalapak, secara serius menggarap para pelaku komunitas pelapak. Saat ini, sudah 80 komunitas pelapak Bukalapak yang tersebar di 75 kota di seluruh Indonesia.

Editor: Sigit Kurniawan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular








To Top