AMS 2018 Leaderboard
Lifestyle

Baru Pertama Kali Naik Pesawat? Coba Simak Tips Berikut

Ilustrasi: Singapore Airlines

Tak bisa dipungkiri bahwa moda transportasi udara menjadi favorit berbagai kalangan bila ingin berpergian jarak jauh. Tak lagi menggunakan kapal laut, berpergian menggunakan pesawat pada era modern ini terbukti efisien bila melihat waktu dan jarak yang ditempuhnya. Tak heran bila, pesawat menjadi primadona masyarakat dunia bila ingin berpergian secara cepat namun tetap efektif saat mengunjungi berbagai destinasi di seluruh dunia.

Akan tetapi, tak semua orang pernah atau sering menggunakan pesawat udara sebagai transportasi mereka. Banyak publik yang masih bingung dengan perencanaan saat berpergian dengan pesawat untuk pertama kalinya. Karena itu, kami akan membahas berbagai tips dan trik saat kamu menggunakan pesawat untuk pertama kali.

1. Bandingkan harga tiket dan pelayanan
Pada era modern ini, kamu bisa memesan tiket pesawat dari banyak tempat dengan berbagai cara. Termasuk mendapatakan tiket pesawat murah. Kamu bisa memesan lewat travel agent konvensional, online travel agency, website resmi maskapai penerbangan atau dari situs jual beli tiket. Kamu bisa membandingkan harga tiket maupun fasilitas yang ditawarkan.

2. Datang ke bandara lebih awal
Setelah membeli tiket, kamu harus memperhatikan jam boarding pesawat yang tertera. Agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan saat datang di waktu mepet, kamu harus datang satu atau dua jam sebelum jam boarding. Waktu boarding biasanya dilakukan setengah jam sebelum waktu
keberangkatan.

3. Bijak dalam menentukan limit bagasi
Setiap maskapai penerbangan mempunyai kebijakan tersendiri saat menentukan limit bagasi yang boleh kamu bawa. Alhasil, kamu harus memperkirakan berat barang bawaan sesuai limit apabila tidak, maka kamu harus membayar lebih.

4. Barang yang tidak boleh dibawa.
Ada beberapa barang yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam pesawat. Barang tajam seperti pisau, gunting cutter, korek api hingga alat vaping biasanya tidak diperbolehkan masuk melalui metal detector. Alhasil, kamu sebaiknya untuk lebih berhati-hati dalam membawa barang agar tidak terjadi masalah sebelum keberangkatan.

5. Verifikasi tiket pesawat di loket.
Usai melalui serangkaian cek keamanan, kamu bisa langsung menuju loket untuk mendapatkan boarding pass kamu. Pihak loket akan menimbang bagasi yang akan dibawa dan meminta kartu identitas kamu untuk verifikasi. Sebaiknya, kamu meminta kepada petugas untuk memberikan tempat duduk yang nyaman seperti di jendela samping pesawat.

6. Perhatikan boarding pass.
Perhatikan lokasi gerbang keberangkatan dan tempat menunggu pesawat setelah mendapatkan boarding pass. Setelah duduk di tempat yang tersedia, jangan mendengarkan musik atau film terlalu keras saat menunggu. Karena baik info keberangkatan ataupun delay biasanya diumumkan lewat pengeras suara. Bila kamu tidak memerdulikan hal tersebut, siap-siap saja untuk ketinggalan pesawat.

7. Siapkan KTP dan Boarding Pass
Siapkan kartu identitas dan boarding pass saat akan menaiki pesawat. Sudah menjadi standar operasional, petugas akan mengecek kembali identitasmu sebagai penumpang pesawat. Karena itu kamu harus mempersiapkan lebih dini agar tidak merepotkan orang sekitar.

8. Dengarkan instruksi keselamatan secara seksama
Setelah menaiki pesawat, kamu harus mencari tempat duduk sesuai nomor yang tertera di boarding pass. Setelah menaruh barang di kabin pesawat dan duduk di kursi, maka kamu akan diberi instruksi keselamatan oleh pramugari. Dengarkan dengan seksama dan matikan ponsel selularmu. Selamat menikmati penerbangan pertamamu.

MARKETEERS X








To Top