Mshop-leaderboard-mobile
Lifestyle & Entertainment

Sport Marketing: Kolaborasi Bayern Munich dengan Apple Music

Apple Music

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat Apple sering berkolaborasi dengan selebriti terutama musisi untuk memperkuat engagement konten Apple Music. Seperti halnya U2 beberapa tahun lalu. Sekarang untuk kali pertama, CEO Apple Tim Cook menggaet sebuah tim olahraga untuk menghasilkan konten unik dan eksklusif dalam layanan musik digital mereka, yaitu Bayern Munich.

Seperti dilansir dari 9to5Mac, Apple resmi menggaet tim sepakbola asal Jerman tersebut, di mana juara Bundesliga atau Liga Jerman tersebut nantinya akan membuat konten eksklusif untuk Apple Music. Tujuannya adalah fans mereka diharapkan akan semakin dekat dengan klub melalui konten yang dikurasi.

Konten tersebut berhubungan dengan Bayern Munich dari pemain serta staf manajemen, termasuk konten audionya. Lagipula selama ini hubungan musik dan sepakbola sangatlah erat, terutama dari sisi pemain. Para pemain profesional seringkali kedapatan sedang mendengarkan musik melalui headphone mereka ketika memasuki stadion sebelum bertanding.

Kebiasaan itu ditenggarai mampu menciptakan suasana rileks dan happy menjelang pertandingan. Dengan kolaborasi bersama Apple, layanan streaming musik Apple Music akan menjadi pilihan utama para pemain dan staf Bayern Munich untuk menikmati konten seperti lagu.

Selain dengan Apple Music, klub bernama The Bavarian tersebut juga melanjutkan kolaborasi dengan merek headphone milik Apple Beats by Dre lewat status “official sound partner”. Bagi Apple, kerja sama dengan Bayern bisa menguntungkan karena potensi memperbesar pasar Apple Music terbuka lebar.

Walau Bundesliga mungkin tidak sepopuler Premier League di Inggris, rata-rata penonton setiap pertandingan bisa mencapai 43.000 tahun lalu. Angka itu tentu saja terbilang besar. Lebih jauh lagi, Apple Music tidak hanya ingin dikenal sebagai  pemutar lagu secara digital semata, tapi juga bisa engage dengan kultur pop yang sedang hangat. Salah satunya adalah sepakbola.

Langkah Apple menggaet tim olahraga sebenarnya sudah dilakukan oleh kompetitor mereka Deezer hampir dua tahun lalu. Seperti dilansir SportsProMedia, Deezer menggaet radio olahraga TalkSport dari Inggris untuk livestreaming pertandingan-pertandingan Premier League, termasuk beberapa pertandingan pilihan FA Cup.

Seperti halnya Apple dan Munich, kolaborasi Deezer serta TalkSport membuka potensi memperbesar pasar lebih luas lagi. Terutama untuk TalkSport, konten olahraga mereka bisa dinikmati tidak hanya di Inggris tapi juga di luar Negeri Ratu Elizabeth.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top