Consumer Goods

Berapa Bujet Marketing Campaign Untuk Gamification?

Berapa Bujet Marketing Campaign Untuk Gamification? 56997711_ml
123rf.com

Meski sudah kerap kali diterapkan, gamificaton dalam kampanye pemasaran sebuah merek masih terkendala dengan beberapa masalah. Ivan Chen selaku CEO dari pengembang produksi game Anantarupa Studio menilai, selain pelaku bisnis di Indonesia masih kurang dalam mengelola unsur fun dari sebuah game, beberapa pemain juga terkendala dengan masalah bujet.

”Bujet sendiri di Indonesia masih rendah. Sehingga, belum bisa eksplorasi begitu banyak. Di luar negeri bikin game itu lebih mahal daripada bikin film. Menciptakan satu game komersial biayanya bisa sampai Rp 5 triliun. Pembelanjaan merek di gamification belum sebanding dengan penggunaan di media konvenional di Indonesia,” jelas Ivan.

Setidaknya untuk menciptakan sebuah permainan untuk promosi pemasaran diperlukan biaya kisaran Rp 200 juta hingga Rp 2 miliar. Hal ini memang terkesan mahal. Namun hal itu akan murah jika gamification bisa menggapai tujuan merek Anda.

Timothius Martin selaku Head of Online Marketing MatahariMall.com mengatakan, untuk meraih traffic, gamification sangat efektif untuk diterapkan. “Kalau revenue mungkin ada yang lebih efektif misal Search Engine Marketing, lebih spesifik itu. Kalau gamification lebih ke engagement. Kalau game lebih cocok buat dapat user baru,” ujar Timo.

MatahariMall.com sendiri menerapkan gamification dalam konsep  Shop & Win, sebuah program berburu poin yang akan diundi di akhir pekan. Ada pula Wheel of Fortune yang bisa digunakan oleh member MatahariMall. Semuanya bisa dilakukan melalui situs mereka.

“Apabila menang, kita bisa mendapatkan voucher dan penawaran khusus. Setiap harinya member kami cuma bisa memainkan Wheel of Fortune tiga kali. Baru bisa bermain hingga empat kali bila mereka melakukan share aktivitasnya melalui akun sosial media mereka,” tambah Timo.

Masalah biaya memang relatif. Yang jelas, pemain harus memulai dengan menentukan tujuan yang ingin diraih melalui pola gamification. Pelajari segala faktor yang berpengaruh serta tentukan skala pengukurannya. Dengan desain dan implementasi yang tepat, sebuah konsep gamification akan mampu membangkitkan motivasi konsumen dan calon konsumen untuk melakukan aksi tertentu terhadap perusahaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular








To Top