Mshop-leaderboard-mobile
Opinion

Beri Sentuhan Style Agar Service Anda Tidak “Ndeso”

Beri Sentuhan Style Agar Service Anda Tidak Ndeso 79228473_l
Sumber: 123rf

Bila pelayanan atau service Anda kepada pelanggan sudah cukup dikenal di kalangan konsumen, Anda jangan berpuas diri dulu. Dikenal itu baru langkah pertama sebuah Service Power yang mumpuni.

Anda tentu sadar bahwa banyak pesaing Anda pun melakukan hal serupa agar pelayanan mereka dikenal oleh khalayak konsumen. Sebab itu, Anda harus membikin agar konsumen tidak berpaling dari pelayanan Anda. Apalagi dengan bombardirnya informasi seperti sekarang ini, konsumen dengan gampang berpaling kepada yang lain.

Sebab itu, langkah kedua setelah Anda menciptakan sebuat Story yang viral (Baca juga “Biar Viral, Promosikan Service Anda dengan Storytelling”), Anda harus mampu memberikan gaya atau Style dalam pelayanan Anda. Style ini bisa berperan sebagai diferensiasi dari pelayanan Anda.

Seperti apa? Ilustrasinya sederhana. Sebagus apa pun pelayanan Anda, kalau kemasannya kurang memikat, pelanggan pasti pergi. Ambil contoh, Anda sedang mengelola sebuah restoran. Para pelayanan resto Anda jago sekali dalam melayani. Mereka baik dan ramah kepada pengunjung. Sayangnya, restoran Anda terkesan dekil dengan interior yang kurang enak dilihat mata, pencahayaan ruangan kurang, dan tata letak meja terkesan sekenanya. Dijamin, pelanggan tidak akan kembali ke restoran Anda. Atau, bila ada pelanggan lama, mereka akan mundur teratur.

Soal Style, Anda bisa berkreasi sendiri seapik mungkin agar pelayanan Anda terkesan bagus, menarik, dan tak “ndeso.” Anda minimal bisa melakukan tiga hal ini. Pertama, Anda bisa mengembangka layanan-layanan tambahan. Artinya, Anda perlu memberi “bunga-bunga” dari pelayanan inti. Kedua, Anda bisa menunjukkan keunikan dari pelayanan Anda secara emosional. Ketiga, Anda bisa mengemas tampilan fisik, entah itu ambience toko atau resto Anda, seragam pelayan Anda, dan sebagainya, agar memiliki daya tarik.

Bagaimana pendapat Anda?

*Selengkapnya bisa Anda baca dalam buku Service Power: From WOW to NOW” (Gramedia: 2017) dan ikuti seminar 1st WOW Service Day, Pestanya Orang Service yang hadir di 17 Kota Besar Indonesia mulai 11 Juli 2017. Info: wowserviceday.com

Most Popular








To Top