Mshop-leaderboard-mobile
Finance

Berinovasi di BRI Poin, Cara BRI Tingkatkan Loyalitas Nasabah

Berinovasi di BRI Poin, Cara BRI Tingkatkan Loyalitas Nasabah BRI-POIN
Photo Credits: Marketeers

Pascamengalami pergantian direksi Oktober lalu, BRI dengan cepat meluncurkan inovasi terbaru. Mulai November 2017, BRI mengembangkan inovasi baru pada BRI Poin guna meningkatkan loyalitas nasabah. Tak ingin dipandang kuno, BRI mencoba mengadopsi perilaku konsumsi millennials dengan menggandeng berbagai merchant yang bergerak di ranah digital.

Tansformasi BRI untuk menjadi bank berbasis digital terlihat dalam program BRI Poin kali ini. Direktur Konsumer BRI Handayani di Jakarta, Sabtu (12/11/2017) mengatakan, BRI Poin memang bukan kali pertama diadakan. Jika sebelumnya cenderung below the line, kini BRI Poin lebih agresif. Tidak hanya dapat ditukarkan di toko fisik, BRI Poin kini dapat ditukarkan melalui e-commerce.

“Kami bekerja sama dengan beberapa merchant berbasis digital, seperti Tokopedia, Tiket.com, dan Blibli.com yang cenderung dekat dengan millennials,” kata Handayani.

Melalui program BRI Poin Keren Terus Fest yang digelar di sejumlah mall di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar, BRI menawarkan nasabah untuk menukarkan poin mereka saat bertransaksi di 1.400 merchant yang bekerjasama dengan BRI. Handayani mengatakan, saat ini dari sekitar 70 juta rekening nasabah, ada 15 juta nasabah yang memiliki poin. Sementara jumlah poin yang siap ditukarkan berkisar 311 juta poin.

Handayani mengatakan, nasabah dapat menukarkan poin mereka dengan berbagai hadiah, mulai dari Samsung Galaxy Note 8, liburan ke Labuan Bajo, hingga mobil BMW.

“Melalui cara ini, kami ingin meningkatkan transaksi untuk tabungan BritAma, BritAma Bisnis, BRI Junio, Giro BRI melalui berbagai transaksi kartu, seperti Debit BRI, Mobile Banking BRI, ATM BRI, dan Internet Banking BRI. Dengan peningkatan transaksi, otomatis ini akan menambah fee based income perseroan,” tutur Handayani.

Lebih lanjut Handayani mengatakan nasabah dapat menambah BRI Poin mereka dengan beberapa cara, meliputi SMS, Internet Banking BRI, Mobile Banking BRI, ATM BRI, Kontak BRI 14017, EDC BRI, Merchant e-Pay BRI, dan e-catalog BRI di ecatalog.bri.co.id.

“Untuk me-reedem poin melalui Merchant e-Pay BRI, nasabah yang berbelanja di merchant e-Pay dapat memilih metode pembayaran e-Pay, dan memasukkan BRI Poin untuk mengurangi nilai pembayaran. Sementara, untuk SMS bisa dilakukan dengan mengetik INFO_POIN_PIN, dan dikirim ke 3300,” terang Handayani.

BRI berharap, cara ini sedikit banyak dapat menutup fee based income akhir tahun dengan baik yang sejauh ini tercatat mencapai Rp 7,4 triliun per September 2017. “Ke depan, kami  akan lebih banyak mengadakan berbagai inovasi baru, terutama ditargetkan bagi millennials yang berpotensi menjadi nasabah masa depan kami,” kata Handayani.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top