Consumer Goods

Bersama Beyonce, Bisakah Adidas Langkahi Nike?

Awal April ini Adidas mengumumkan kerjasama terbarunya dengan mega bintang, Beyonce Knowles. Kerjasama ini kembali menambahkan sederetan nama-nama mega bintang lainnya seperti Kanye West, Kendal dan Kylie Jenner, Pharrel Williams, dan Dua Lipa. Tidak hanya menjadi ambassador, Beyonce memiliki peran sebagai creative partner brand olahraga asal Jerman tersebut.

Kerjasama keduanya menjadi istimewa, sebab sebelumnya Beyonce dikabarkan akan merapat ke beberapa brand lainnya seperti Reebok dan Nike melalui sub-brand Jordan. Namun, keputusan akhir Beyonce memilih berlabuh bersama Adidas.

“Adidas memiliki kesuksesan yang luar biasa dalam mendorong batasan-batasan kreativitas,” ujar Beyonce.

Dirinya juga menjelaskan alasan mengapa ia bergabung bersama Adidas. Ia bersama Adidas memiliki filosi yang sama dalam hal kreativitas, pertumbuhan dan tanggung jawab sosial dalam hal berbisnis.,

Selain itu, kerjasama ini menjadi nafas baru bagi brand fesyen milik Beyonce, Ivy Park. Hal ini disampaikan oleh Beyonce, bahwa ia sendiri ingin agar brand Ivy Park miliknya bisa diluncurkan dan diperluas pasarnya.

Sebelumnya, Beyonce meluncurkan brand Ivy Park bekerjasama dengan retailer Topshop. Namun, setelah ada kontroversi yang menimpa pemilik Topshop, Phillip Green, Beyonce menarik kerjasamanya dengan Topshop.

Bagi Eric Liedtke, Executive Board Member Global Brand Adidas, sebagai salah satu brand olahraga dan fesyen ternama, Adidas selalu berupaya menantang status quo dan mendorong kreativitas. “Bagi kami Beyonce adalah sosok yang ikonik sekaligus pemimpin bisnis yang sudah terbukti. Bersama-sama kami memiliki kemampuan untuk menginspirasi perusahan dan memberdayakan para generasi selanjutnya.”

Pekan lalu Beyonce mengunggah foto dirinya dikelilingi dengan puluhan sepatu Adidas yang memenuhi lantai rumahnya. Selang seminggu sebelumnya, Beyonce juga bekerjasama dengan Netflix meluncurkan video dokumenter penampilannya di Coachella 2018 dengan titel Homecoming A Film by Beyonce.

Beyonce adalah sosok yang istimewa. Selain sebagai penyanyi papan atas dirinya merupakan pebisnis sekaligus aktivis sosial dan lingkungan. Saat ini Beyonce memiliki jumlah pengikut di Instagram sebanyak 127 juta. Sementara Adidas hanya memiliki 23,4 juta. Unggahan Beyonce di akun Instagramnya mendapatkan jumlah likes sebanyak 2,5 juta dalam waktu satu jam saja.

Apakah kehadiran Beyonce akan semakin membawa Adidas untuk melompati Nike dalam persaingan bisnis keduanya.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top