Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Saat Big Data Bantu Pariwisata Hingga City Insight

Big Data

Big Data semakin jadi bagian penting dari perkembangan teknologi dunia. Pasalnya, dengan Big Data, pemasar ataupun penggiat dunia digital bukan hanya bisa menentukan target market-nya berdasarkan demografi dan lokasi saja. Tetapi lebih dari itu, Big Data mampu menganalisis konsumen hingga ke interest dan behaviour. Tak cuma itu, teknologi ini juga bisa melakukan monitoring secara real time.

Di usianya yang keempat, PT Metra Digital Media (MD Media) terus menunjukkan inovasi dan pertumbuhan kinerja bisnis dengan dorongan transformasi digital perusahaan.

CEO MD Media Syaifudin mengatakan, transformasi digital perusahaan adalah roh dari perusahaan. Digital mindset dan digital culture menjadi dasar utama untuk menjadikan perusahaan tumbuh dan mempunyai daya kompetitif yang berkelanjutan di industri.

Demi menguatkan visi perusahaan, “The King of Digital Media”, MD Media menggenjot tiga portofolio bisnisnya, di antaranya:

1. Integrated Digital Media melalui produk Digital Out Of Home (DOOH), Online Services dan Mobile Advertising
2. Big Data Analytics dengan layanan produk Digital Directory dan Digital Analytic
3. Digital Advertising Agency dengan layanan Media Placement, Creative dan Activation

Di bawah kepemimpinan Sendy Aditya Kamesvara sebagai CMO, MD Media berambisi mengekspansi pasar Digital Advertising dengan kekuatan Big Data Analytics secara progresif dan inovatif.

Kehadiran Big Data Analytics di bisnis MD Media mampu memberikan solusi digital advertising dan solusi pengolahan informasi yang dapat dimonitor dan diukur secara real time. Hal ini diperlukan dalam rangka memasarkan produk ataupun brand baik di segmen enterprise maupun UMKM. Semuanya bisa dilakukan melalui media digital seperti DOOH, Mobile Advertising,Yellow Pages.co.id, Wifi Id, dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, Big Data juga mendorong inovasi solusi di MD Media. Senior GM Group Operation, Eddy Sofryano telah menetapkan pengembangan & inovasi untuk Big Data Analytics pada tahun ini. Pihaknya mengatakan akan berfokus di tiga segmen industri, yaitu Tourism: Indonesia Tourism Intelligence, Local Government: City Sight dan Financial: Financial Intelligence & Marketing Analytics As Service.

Big Data for Indonesia Tourism Intelligence

Layanan ini bisa jadi solusi sistem informasi pariwisata. Dengan memanfaatkan kapabilitas Big Data, layanan ini mampu menyelesaikan masalah kebutuhan data pendukung industri pariwisata. Insight yang umumnya baru bisa didapat dalam kurun waktu 2 tahun dengan metode konvensional, kini bisa diakses secara real-time.

Canggihnya, Indonesia Tourism Intelligence juga mencakup informasi jumlah kunjungan wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara, tujuan wisata Indonesia maupun negara kompetitor. Layanan ini juga mampu menunjukkan preferensi pariwisata dari negara-negara target wisatawan. Sebagai bukti, MD Media telah mengimplementasikan solusi ini untuk Kementerian Pariwisata yang bisa diakses melalui platform mobile dan online. Sekadar kabar, Indonesia Tourism Intelligence ini telah mendapatkan Silver Award di Asia Pasific Stevie Award 2017.

Big Data for City Sight

Layanan ini bisa dikatakan solusi untuk mendukung kelangsungan Smart City. Pasalnya, layanan ini mampu memantau informasi secara real time terkait masalah perkotaan. Hal ini bisa dilakukan melalui pemantauan media sosial dengan berbagai topik. Misalnya perumahan, lingkungan, bencana alam, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. City Sight juga mampu menunjukan statistik pariwisata kota seperti informasi jumlah dan asal wisatawan, tujuan atau prefersensi wisatawan, dan lainnya. Pantauan laporan dari warga yang berbasis SMS dan media sosial dengan respons cepat juga ada di sini.

Big Data for Financial Intelligence & Marketing Analytics As Service

Layanan ini merupakan sistem analisis keuangan yang menggambarkan market insight seluruh kebutuhan konsumen berbasis data Telkom Grup dan BPS. Selain berbentuk insight, layanan ini dilengkapi dengan targeted advertising berbasis artificial intelligence. Hal ini memungkinkan perusahan perbankan & finance untuk mendapatkan pelanggan baru secara efektif.

Dengan segala inovasi terkini, MD Media berambisi untuk mewujudkan karya nyata bagi Indonesia. Bersama Telkom Indonesia, sinergi dengan anak perusahaan Telkom Group dan pihak terkait merupakan kunci utama keberhasilan inovasi–inovasi ini. (ADV)

Most Popular








To Top