Consumer Goods

Bisakah Iklan Baris Online Saingi Social Media Influencer?

Iklan Baris

Kegiatan jual-beli online semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan riset dari Google Temasek tahun 2017, transaksi e-commerce mencapai US$ 10,9 miliar di Asia Tenggara. Jumlah ini lebih besar 41% bila dibandingkan tahun 2015 yang hanya mencapai US$ 5,5 miliar. Di Indonesia sendiri, e-commerce masih didominasi oleh jenis marketplace.

Di sisi lain, platform iklan baris online menjadi pilihan individu yang ingin menjual dan membeli barang bekas. Munculnya aktivitas jual-beli pre-loved yang banyak dijumpai di media sosial, menunjukkan bahwa aktivitas jual-beli barang bekas mulai diminati masyarakat luas. Jangkauan media sosial terhadap calon pembeli yang terbatas, menjadikan peluang bagi iklan baris online untuk memberikan sebuah media beriklan dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan jumlah followers, di akun media sosial.

“Saat ini, marketplace banyak digunakan oleh masyarakat. Namun, kami melihat peluang untuk terus mengembangkan pasar iklan baris online, di Indonesia,” ujar Olaf Van Schagen, Chief Executive Officer OLX Indonesia di Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Olaf melihat semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai mengadaptasi jual-beli barang bekas, melalui media online. Hal ini akan terus mendorong pertumbuhan bisnis iklan baris, di Indonesia. Selaras dengan komentar Olaf, Ken Research memprediksi bisnis iklan baris online di Indonesia, akan mengalami pertumbuhan positif beberapa tahun ke depan.

Peningkatan penggunaan iklan baris, munculnya permintaan terhadap barang bekas—terutama mobil—serta peningkatan pembangunan tempat tinggal, diprediksi menjadi pendorong pertumbuhan ini. Selain itu, Ken Research juga menyebutkan bahwa kemunculan permintaan terhadap tenaga kerja ahli juga turut memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan iklan baris online.

OLX melihat, istilah iklan baris online belum dipahami dengan baik oleh masyarakat, sehingga masyarakat cenderung menyamakan fungsinya dengan marketplace. “Di dalam iklan baris online, Anda tidak akan menemukan barang yang sama. Setiap barang yang dijual di OLX itu unik. Meskipun merek dan tipenya sama, tetapi ada faktor penggunaan di situ. Masing-masing orang akan menggunakan barang dengan cara yang berbeda,” ujar Ken.

Saat ini, OLX sedang gencar memperkenalkan tren iklan baris online. OLX berkomitmen terus berpartisipasi dalam membangun industri e-commerce di Indonesia, melalui pengembangan produk yang relevan bagi kebutuhan pengguna. Harapannya segmen iklan baris online, di Indonesia, potensinya akan terus bertumbuh.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top