Technology

Bisnis Cloud Diprediksi Mampu Hadirkan 350 Ribu Pekerjaan Baru

Teknologi cloud semakin dinikmati oleh banyak perusahaan di Indonesia. Dalam risetnya, Boston Consulting Group memberikan informasi tentang hasil penelitian Dampak Ekonomi Cloud di Asia Pasifik untuk Indonesia. Penerapan cloud publik dapat memberikan kontribusi US$ 35-40 miliar dolar untuk PDB Indonesia secara kumulatif dari tahun 2019 hingga tahun 2023.

Angka tersebut setara dengan kurang lebih 0,6% PDB tahunan negara. Lebih dari 85% dari total dampak ekonomi ini akan dihasilkan oleh bisnis digital native dan startup internet yang saat ini merupakan pendorong utama penggunaan cloud publik di Indonesia, terutama di kalangan bisnis baru, produk dan layanan yang diluncurkan di Indonesia dioperasikan oleh cloud publik.

“Kami telah melihat langsung kemajuan luar biasa yang mungkin dicapai saat perusahaan dan negara siap untuk menyambut masa depan berbasis cloud. Indonesia memiliki perusahaan-perusahaan kelas dunia yang mengembangkan bisnis mereka dengan teknologi cloud,” ujar Tim Synan, regional director Asia Tenggara Google Cloud

Temuan-temuan ini juga mengindikasikan bahwa efisiensi dan pertumbuhan bisnis yang dihasilkan dari penerapan cloud publik berpotensi mempengaruhi hingga 350.000 lapangan kerja baru selama periode 2019-2023. Diperkirakan 7% dari angka tersebut akan berada di bidang terkait digital dan teknologi seperti ilmuwan data, manajer produk, engineering, pekerjaan terkait pengalaman pengguna dan manajemen infrastruktur di penyedia layanan cloud, penyedia layanan IT, dan berbagai pasar vertikal.

Sementara itu sebesar 13% akan terkait dengan fungsi bisnis inti seperti pemasaran, keuangan, operasional di banyak pasar vertikal. 80% sisanya akan muncul sebagai konsekuensi dari pertumbuhan bisnis inti di beragam pasar vertikal.

Untuk lebih mendukung pertumbuhan ini, sejumlah tindakan penting perlu diambil untuk mewujudkan dampak penggunaa cloud publik pada ekonomi dan ketersediaan pekerjaan selama
lima tahun ke depan. Antara lain, investasi dalam edukasi pengguna untuk membantu mereka lebih memahami produk cloud publik, manfaat, serta terbukanya jalan dan peluang yang terbuka bagi pengguna.

Investasi dalam edukasi untuk membangun tenaga kerja cloud native yang mampu mendukung kebutuhan pasar. Serta pemberdayaan untuk deployment cloud publik melalui sistem peraturan yang suportif dan implementasi praktik terbaik internasional mengenai kebijakan data dan digital.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top