MarkPlus Conference 2019

MarkPlus Conference 2019
Communication

Bisnis Voucher Pulsa Bantu Penetrasi Digital Indonesia

Perusahaan distributor voucher khusus Telkomsel untuk Jawa dan Bali PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) secara khusus telah menyiapkan beberapa strategi untuk mendukung fundamental operasional perusahaan. Hal ini merupakan upaya memberikan akses terbaik bagi seluruh pelanggan baik di perkotaan maupun daerah,

Pendiri dan Direktur MKNT Roby Tan mengungkapkan sebagai distributor, tugas utamanya adalah memastikan stok kepada pengecer selalu terpenuhi agar end-user bisa selalu mendapatkan produk yang mereka inginkan. Namun, di satu sisi, pihaknya ingin memberikan nilai lebih bagi seluruh stakheolders.

“Salah satu inisiatif lain yang sedang kami kembangkan adalah dengan mengkaji peluang kerjasama dengan perusahaan fintech P2P Lending Kimo,” terang dia. Dari kerjasama ini, pihaknya mengharapkan mitra-mitra pengecer di daerah bisa mengakses permodalan untuk membeli stok pulsa dan paket data internet.

Roby bilang, akses terhadap pendanaan merupakan salah satu tantangan yang krusial bagi para pengusaha mikro di daerah, sehingga melalui pinjaman kredit usaha ini, pihaknya berharap dapat turut membantu mitra untuk mengakses produk telekomunikasi secara lebih banyak dan sesuai dengan kebutuhan konsumen di daerahnya masing-masing.

Inisiasi kolaborasi ini juga merupakan bagian dari upaya strategis MKNT untuk terus berkolaborasi dengan pihak-pihak relevan guna mempercepat pengembangan usaha mikro di Indonesia yang secara langsung juga akan memberikan dampak positif kepada bisnis perseroan. 

MKNT ingin memastikan masyarakat daerah bisa menikmati euforia Piala Dunia lewat teknologi. Karenanya,langkah tersebut menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam mendorong penetrasi digital di Indonesia lewat kemudahan mengakses produk telekomunikasi. “Meskipun fokus kami adalah di bisnis distribusi, kami juga memikirkan strategi agar skala ekonomi para pengecer produk juga bisa bertumbuh,” papar dia.

Hal inilah yang membuatMKNT optimistis akan mampu berkontribusi secara aktif dalam memajukan ekonomi sekaligus memperkuat penetrasi digital ke masyarakat lewat bisnis pinjaman ke mitra atau pengecer tersebut. Selain fokus melayani distribusi produk telekomunikasi dari Telkomsel, MKNT juga merupakan distributor perangkat mobile untuk merek dagang Samsung, OPPO dan Huawei di Indonesia.

Sampai dengan tahun 2017, bisnis tersebut sukses membuat MKNT meraih 9.52% market share. Tercatat, MKNT memiliki enam belas kluster penjualan voucher Telkomsel yang di dalamnya terdapat 74 kantor cabang dengan 31 unit GraPari dan 43 Mobile Gallery di Indonesia. Adapun untuk jaringan retailer, MKNT memiliki total 175.000 peritel yang melayani 79 outlet Telkomsel Distribusi.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top