Automotive

Blacksmith B2, Motor Elektrik Yang Bisa Menjelajah Hingga 240 Kilometer

Foto: Electrek

Pasar kendaraan roda dua bermesin listrik kembali diramaikan oleh salah satu produsen motor asal India bernama Blacksmith. Blacksmith baru-baru ini merilis motor full elektrik pertamanya bernama Blacksmith B2. Blacksmith B2 merupakan motor full elektrik beraliran cruiser yang berbeda dari motor elektrik lainnya.

Dilansir dari electrek.com, hal yang membedakan motor ini dengan motor lain adalah adanya dua buah baterai yang tertanam dalam satu motor Blacksmith B2. Kedua baterai ini berfungsi sebagai penambah jarak tempuh ketika motor ingin digunakan untuk berpergian jauh.

Satu baterai yang tertanam dalam Blacksmith B2 menyumbang jarak tempuh sejauh 75 mil atau setara dengan 120 kilometer. Namun jika pengendara menginginkan daya jelajah lebih jauh maka baterai kedua bisa digunakan. Alasannya, baterai ini bisa menambah daya jelajah dua kali lipat atau sejauh 240 kilometer.

Selain itu, bedasarkan keterangan dari electrek.com, pihak Blacksmith juga sedang menyiapkan stasiun penggantian baterai. Melalui stasiun ini, pengendara bisa mengganti baterai motornya sewaktu dalam perjalanan.

Untuk sektor dapur pacu Blacksmith B2 termasuk motor yang cukup. Artinya, tenaga yang ia miliki tidak terlalu besar. Blacksmith B2 dibekali dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 7 hp secara konstan dan 19 hp tenaga puncaknya. Motor cruiser ini dapat melaju hingga kecepatan maksimal 120 kpj.

Di samping itu, motor berpenampilan klasik ini juga ditunjang oleh beberapa fitur terkini seperti GPS yang di dalamnya sudah termasuk fitur anti maling, indikator lalu lintas yang berguna untuk mengingatkan pengendara jika ada kendaraan di sekitarnya, serta artificial intelligence.

Dengan berbekal fitur canggih dan baterai yang dapat di tukar, motor ini dibanderol seharga US$ 4.000- US$ 5.000. Sayangnya, untuk produksi awal Blacksmith hanya memasarkan B2 di India saja.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top